Singkawang, MC – Pj Sekda Singkawang, Aulia Candra membuka Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Tingkat Kecamatan di wilayah Singkawang Selatan, di Aula Kecamatan Singkawang Selatan, Selasa (30/01/2024).

Pj Sekda mengatakan dalam pelaksanaannya perencanan pembangunan Musrenbang di tingkat kecamatan menjadi salah satu forum penting dalam rangka penyusunan rencana pembangunan daerah yang partisipatif dan berbasis pada kebutuhan riil masyarakat setempat.

“Diharapkan setiap suara dan aspirasi masyarakat dapat terdengar dan diintegrasikan ke dalam perencanaan pembangunan yang lebih akurat dan berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya, momentum ini sangat berharga bagi kita semua karena melalui forum ini kita memiliki kesempatan untuk bersama-sama merumuskan langkah-langkah strategis dalam mengintegrasikan usulan pembangunan kedalam perencanaan pembangunan ke depan.

“ Oleh karena itu, kehadiran dan kontribusi dari setiap tokoh masyarakat, perwakilan dari berbagai lembaga, dan warga yang hadir hari ini, sangatlah berarti. Musrenbang bukanlah sekadar seremoni formalitas, tetapi merupakan wahana nyata bagi kita untuk melakukan evaluasi capaian pembangunan yang telah dilaksanakan, mengidentifikasi kebutuhan yang mendesak, serta merumuskan program-program prioritas yang akan menjadi arah pembangunan ke depan,” ujarnya.

Dalam rangka optimalisasi pembangunan khususnya di wilayah Kecamatan Singkawang Selatan, usulan yang akan menjadi prioritas harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal yaitu, Identifikasi Potensi Lokal, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pemberdayaan Masyarakat, Promosi Pariwisata dan Keindahan Alam, Pengembangan Infrastruktur Dasar, Pengelolaan Keuangan dan Sumber Daya serta Kolaborasi dan Kemitraan.

Ia berharap hasil dari Musrenbang ini akan menjadi landasan yang kokoh bagi terciptanya pembangunan, serta setiap usulan, aspirasi dan saran yang disampaikan akan menjadi bagian integral dari perencanaan pembangunan khususnya di Kecamatan Singkawang Selatan.

“Sampaikan pandangan dengan jujur, bijak, dan bertanggung jawab. Demi terwujudnya Kecamatan yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing,” ujarnya.

Bid. IKP