Singkawang, MC – Kecamatan Singkawang Selatan menggelar Musrenbang RKPD di Aula Kecamatan Singkawang Selatan, Rabu (1/2/2023).

Musrenbang RKPD Kecamatan Singkawang Selatan dengan tema “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Yang Berkontribusi Pada Peningkatan Kualitas SDM dan Ekonomi Serta Suksesnya Pemilu 2024” dibuka oleh Penjabat Wali Kota Singkawang.

Turut hadir pada musrenbang Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ketua DPRD Kota Singkawang, Anggota DPRD dapil Singkawang Selatan, Kepala OPD, Camat dan Lurah se Singkawang Selatan.

Pj. Wali Kota Sumastro mengapresiasi Musrenbang di Kecamatan Singkawang Selatan. Ia mengatakan, Musrenbang ini merupakan Musrenbang RKPD Perdana di periode kepemimpinan penjabat wali kota.

“Musrenbang di Kecamatan Singkawang Selatan ini adalah Musrenbang pertama di periode kepemimpinan saya selaku Pj. Wali Kota Singkawang,” katanya.

Sumastro mengatakan hasil dari pembahasan dan kesepakatan di Musrenbang ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan RKPD yang bertujuan untuk menerapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah.

Ia menyebutkan hal – hal yang menjadi prioritas pembangunan Kota Singkawang untuk meningkatkan kualitas SDM yaitu melalui peningkatan Indeks Pembangunan Manusia melalui jalur pendidikan (formal, non formal, dan program inklusif) serta penurunan angka stunting.

“Sesuai dengan tema Musrenbang ini, untuk meningkatkan kualitas SDM, hal – hal yang menjadi prioritas pembangunan Kota Singkawang yaitu melalui peningkatan Indeks Pembangunan Manusia melalui jalur pendidikan, baik itu formal, non formal, maupun inklusif. Juga pembangunan SDM melalui penurunan angka stunting,” sebutnya.

Sumastro menambahkan, Kecamatan Singkawang Selatan merupakan daerah utama kawasan wisata, dan hal tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dan UMKM.

“Singkawang Selatan ini, merupakan wilayah utama kawasan wisata di Kota Singkawang, dan menjadi ikon pariwisata Kalimantan Barat. Kita harus bersatu padu memanfaatkan hal tersebut, untuk membangun perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata dan UMKM”tambahnya.

Diakhir sambutannya, Ia meminta kepada seluruh peserta Musrenbang untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, dan menekan laju inflasi melalui salah satu program Pekarangan Pangan Lestari dengan memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan pertanian.

“Saya ingin mengigatkan dan meminta kepada seluruh peserta Musrenbang untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, dan menekan laju inflasi, khususnya di Kecamatan Singkawang Selatan, melalui program pekarangan pangan lestari dengan memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan pertanian” mintanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Singkawang, Yusnita Fitriadi, menyampaikan pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kecamatan Singkawang Selatan Tahun Anggaran 2022. Ia menyebutkan, terdapat tiga Sekolah Dasar yang diperbaiki, pembangunan dua Puskesmas, serta perbaikan tiga Ruas Jalan, dan pembangunan SPN (Sekolah Polisi Negara) di Kelurahan Sagatani. Yang pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), juga APBD dan APBN untuk pembangunan SPN.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik