Singkawang, MC – Penutupan gelaran Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang berlangsung meriah. Gelaran yang sukses berjalan dari tanggal 8 hingga 11 Mei 2024 ini ditutup secara langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumastro di Rumah Adat Dayak pada Sabtu (11/5/2024) malam.

“Luar biasa malam ini, kita sangat senang karena gawe dayak naik dango tahun ini diwarnai dengan semangat kebersamaan. Dari awal pembukaan hingga malam ini, serasa tidak ingin berakhir,” kata Sumastro.

Pj Wali Kota mengatakan Gawe Naik Dango menjadi bagian kontribusi untuk wujudkan sebagai kota tujuan pariwisata dan kota tertoleran indonesia

“Ini menjadi bagian dari kebanggan dari kita semua. Saya berharap nilai-nilai persaudaraan dan kedamaian yang telah diciptakan menjadi satu modal utama merawat toleransi,” katanya.

Menurutnya, kebudayaan dayak merupakan bagian keluhuran dari kebudayaan lain di bumi indonesia. Jika diolah dengan profesional, gawe ini menjadi daya tarik wisata bukan hanya dosmetik bahkan dalam lingkup internasional.

Ia mencontohkan seperti corak pakaian yang dikenakan, mempunyai satu estetika yang sangat menarik dan mencirikan kita berada di bumi kalimantan. Begitu juga tarian dayak yang menunjukkan keanggunan budi pekerti dan semangat cinta kasih yang begitu luas sehingga kita bisa berkehidupan dengan damai bersama saudara lain.

“Malam ini, saya merasa bahagia dapat memiliki satu perisai dengan satu keunikan dengan nilai kesenian dan keindahan. Semoga perisai yang saya miliki menjadi kenangan indah sebagai penutup rangkaian Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang,” ujarnya.

Sumastro juga menyampaikan apresiasi dan rasa suka cita kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat adat dayak Kota Singkawang. Ia menilai kemeriahan acara yang dihadirkan menandakan bahwa Gawe Dayak Naik Dango tahun ini lebih baik dari tahun ke tahun.

“Saya ingin sampaikan rasa suka cita saya kepada seluruh masyarakat yang terkasih khususnya untuk masyarakat dayak singkawang. Serta apresiasi yang tinggi kepada pengurus DAD, panitia pelaksana dan donatur serta seluruh pihak yang terlibat dalam kemeriahan gawe naik dango ini,” katanya.

Penutupan Gawe Dayak Naik Dango dimeriahkan dengan penampilan bintang tamu Aan Baget dan Aldo Sagala.

Bid. IKP