Singkawang, MC – 61 Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Singkawang periode 2024-2029 secara resmi dilantik oleh Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro di Basement Kantor Wali Kota, Senin (19/8/2024).

Muslimin dikukuhkan sebagai Ketua Umum LPTQ Kota Singkawang 2024-2029 yang akan menakhodai LPTQ dalam menjalankan tugasnya membina dan meningkatkan penghayatan serta pengamalan Al-Quran, menyelenggarakan dan seleksi MTQ Kota Singkawang dan menyiapkan serta mendampingi kafilah Kota Singkawang dalam MTQ/STQ ke tingkat Provinsi, Nasional serta Internasional.

Usai melantik, Pj Wali Kota berpesan kepada anggota pengurus LPTQ yang pernah terlibat dalam kepengurusan sebelumnya bisa berbagi pengalaman demi meningkatkan prestasi kafilah Kota Singkawang di MTQ.

Sumastro menargetkan di MTQ XXXII Tahun 2024 di Kabupaten Landak, kafilah Singkawang mampu berada di peringkat lima besar.

“Saya melihat di kepengurusan LPTQ ini ada wajah-wajah lama dari keperngurusan sebelumnya, jadi saya harap pengalaman nya bisa ditularkan agar prestasi kita di MTQ bisa lebih baik lagi,” pesan Pj Wali Kota.

“Kalau bisa kita bisa berada di posisi lima besar,” lanjutnya.

Mengingat masa jabatannya akan berakhir di Desember 2024, Sumastro meminta pengurus mampu beradaptasi dengan kepemimpinan baru hasil Pilkada.

Ia berharap segala dinamika serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja LPTQ bisa tetap berjalan dengan baik melalui sebuah koordinasi yang baik.

“Berikhtiarlah dengan baik, karena kepengurusan ini akan beradaptasi dengan kepemimpinan yang baru hasil Pilkada. Faktor-faktor dan dinamika yang akan terjadi harus dapat dihadapi melalui koordinasi yang baik demi eksistensi LPTQ,” harapan Sumastro.

Selanjutnya Sumastro menekankan, segala tugas yang berkaitan dengan nilai-nilai keagamaan bisa dilakukan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Ketua LPTQ, Muslimin menyebut jabatan tersebut sebagai sebuah tugas dan amanah yang sangat berat, namun Ia yakin dapat menjalankannya dengan baik melalui kerja sama yang baik dari seluruh anggota.

Baginya, tugas keagamaan tersebut akan jadi barometer pencetak generasi insan yang lurus berpedoman pada Al-Quran.

“Sesuai dengan firman Allah dalam Surah Al-Baqarah bahwa Al-Quran adalah kitab petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Maka tugas keagamaan ini saya yakini akan menjadi barometer kita untuk jadi insan yang lurus berpedoman pada Al-Quran,” menurut Muslimin.

Kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Kerja LPTQ  Kota Singkawang Tahun 2024 untuk merumuskan dan menyelaraskan program kerja demi kemajuan Tilawatil Quran di Kota Singkawang. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo