Foto bersama Pengurus HMI dan KOHATI Singkawang Periode 2024-2025. Foto : Eko SR

Singkawang, MC – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI Wati (KOHATI) Cabang Singkawang Periode 2024-2025 resmi dilantik di Aula Hotel Dangau Singkawang, Minggu (28/7/2024).

Mengusung tema penuh semangat ‘Bersama HMI Kerja Cepat Kerja Tuntas’, Pelantikan ini turut dihadiri oleh Pj Wali Kota Singkawang ,forkopimda, perwakilan Kemenag, Pengurus Besar (PB) HMI beserta jajaran, serta Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Singkawang.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, peran HMI dan KOHATI sangat diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat terutama melalui kekuatan insan akademis maupun kekuatan moral untuk berperan aktif dalam dunia kemahasiswaan, perguruan tinggi dan kepemudaan dalam rangka menopang pembangunan nasional dan daerah.

“Interaksi Pemerintah Kota Singkawang dengan HMI sangat baik, apalagi saya sangat senang ketika bertemu dengan anak-anak muda yang mempunyai gagasan dan prinsip yang betul-betul dibanggakan,” tuturnya.

Dalam rangka persiapan menyongsong Indonesia Emas 2045, Sumastro meminta agar momentum ini seharusnya dapat digunakan oleh kader-kader HMI Kota Singkawang untuk meningkatkan kapasitas sebagai insan akademis untuk berakselerasi bersama pemerintah Kota Singkawang dan elemen lainnya dalam pembangunan menuju masyarakat maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.

Ia pun berpesan, agar segenap kepengurusan dapat mengikuti dinamika yang ada, bekerja dan berprogram dengan prinsip mempersatukan dan terhindar dari konflik.

“Waktu setahun itu tidak lama, sehingga kita harus memaknakan perjalanan singkat ini dengan prinsip kerja cepat kerja tuntas. Walaupun singkat tapi harapannya bisa bermakna untuk masyarakat Kota Singkawang,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum HMI Cabang Singkawang Periode 2024-2025 Ichlasul Fiqqi mengatakan, sebagai bagian dari HMI, pihaknya akan berkomitmen untuk selalu bergerak dengan efisiensi dan ketuntasan dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil.

“Sesuai dengan tema yang diangkat dan hal ini sejalan dengan visi HMI yang ingin berfikir dan bergerak secara kolektif sesuai dengan fitrah perjuangan,” ucapnya.

Fiqqi menyampaikan, dengan membawa misi mulia, dirinya dan segenap kepengurusan baru ingin membangun arah gerakan mahasiswa yang mengedepankan prinsip kesetaraan sosial dan transparansi.

“Selain itu, peningkatan kelembagaan yang berbasis teknologi, komunikasi, dan informasi menjadi prioritas kami. Dalam era digital ini, penguasaan teknologi adalah kunci untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi kita,” ujarnya.

Dengan penuh harap, Ia pun mengajak seluruh anggota HMI Cabang Singkawang untuk terus berpartisipasi aktif dalam setiap program dan kegiatan yang dirancang baik dalam kemahasiswaan, organisasi dan pemerintahan, serta senantiasa meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan dan pengembangan pribadi.

“Pada kesempatan ini, terimakasih kepada Pj Wali Kota Singkawang yang telah hadir dan mendukung kegiatan ini. Kami juga memohon bimbingannya terhadap kepengurusan kami kedepan. Agar antara pemerintahan dan HMI Singkawang bisa berkolaborasi untuk kemajuan Kota Singkawang,” tutupnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo