Singkawang, MC- Setelah bertahun-tahun hidup tanpa aliran listrik, penantian panjang warga Gambir Kelurahan Mayasopa Singkawang Timur untuk merasakan terangnya malam tanpa bunyi mesin genset akhirnya bisa terwujud.

Hal itu ditandai dengan peresmian Listrik Desa di Gambir Kelurahan Mayasopa oleh PT. PLN Wilayah Singbebas bersama Pemerintah Kota Singkawang, Selasa (27/8/2024).

Peresmian yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro bertempat di SD Negeri 74 Singkawang, disambut dengan semangat kemerdekaan oleh warga masyarakat wilayah Gambir Mayasopa yang sudah 79 tahun menantikan hadirnya listrik di tempat mereka.

Masuknya listrik di wilayah Gambir Mayasopa, Pj Wali Kota beserta seluruh warga merasa bersyukur setelah sebelumnya program serupa juga telah menjangkau wilayah Mencong dan Mantoman di Kelurahan Mayasopa.

Pj. Walikota juga menyampaikan kepada warga, program tersebut tidak sepenuhnya bersumber langsung dari APBD, melainkan berasal dari dana CSR hasil sumbangan pegawai PLN.

“Kami beserta warga merasa bersyukur, hari ini wilayah gambir sudah dialiri listrik, ini PR kita bersama dan sudah lama sekali warga menantikan nya, setelah sebelumnya kita juga meresmikan listrik desa di wilayah Mencong dan Mantoman Kelurahan Mayasopa,” ungkap Pj. Wali Kota.

“Perlu diketahui, program ini bukan sepenuhnya bersumber dari APBD namun sebagian besar berasal dari CSR hasil sumbangan pegawai PLN yang terpanggil hatinya untuk membantu warga disini,” ucapnya.

Dengan moto “Listrik Bukan Hanya Bicara Terang Tetapi Juga Tentang Masa Depan”, Sumastro berharap masuknya aliran listrik di wilayah tersebut juga akan berdampak pada kemajuan sektor pendidikan dan ekonomi.

“Adanya listrik disini saya harapkan akan mendorong kemajuan di sektor pendidikan melalui kemudahan akses teknologi serta meningkatkan ekonomi warga sehingga menjadi masyarakat sejahtera,” harapan Sumastro.

Selain itu, Sumastro ingin PLN mengedukasi masyarakat akan pentingnya program energi ramah lingkungan dan energi terbarukan.

“Sebagai stakeholder penting di negeri kita, saya minta PLN juga bisa mengedukasi warga akan pentingnya energi ramah lingkungan dan terbarukan,” mintanya.

Di kesempatan yang sama, Manager PLN Wilayah Singbebas, Martinus mengatakan, adanya akses listrik otomatis akan mendorong masuknya akses perbankan dan telekomunikasi di wilayah tersebut.

Tentunya selain mencerdaskan anak bangsa, ia yakin warga juga akan merasakan pertambahan nilai ekonomi dari sebelumnya.

“Hadirnya listrik ini tentu akan diikuti stakeholder lainnya baik itu perbankan maupun telekomunikasi,” kata Martinus.

“Tadinya warga jualan itu kan bahan pokoknya harus habis sehari, kini mereka bisa menyimpannya di kulkas atau frezer sehingga nilai ekonominya jadi bertambah,” lanjut Martinus.

Martinus juga mengajak warga bertanggung jawab penuh dalam menjaga dan merawat fasilitas listrik yang disediakan oleh pihaknya.

“Mari warga Gambir, jaga dan rawat sebaik-baiknya serta penuh tanggung jawab semua fasilitas listrik yang kami sediakan disini,” ajaknya. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo