Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie beserta rombongan menanam cabe varietas cakra di hamparan Kelompok Tani (Poktan) Harapan Baru, Kelurahan Sungai Bulan, Kecamatan Singkawang Utara, Selasa (20/9/2022).

Acara penanaman perdana cabe varietas cakra ini pun dikemas menarik dengan perlombaan menanam cabe yang diikuti oleh Wali Kota Singkawang, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Singkawang dan beberapa petani Harapan Baru.

Cabe varietas cakra merupakan salah satu varietas cabe rawit yang bukan hibrida, namun sangat popular. Cabe ini memiliki karakteristik kulit buah yang berwarna kuning dan berubah menjadi merah cerah ketika masak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Singkawang, ini menjadi upaya pemerintah dalam pengendalian inflasi pangan, khususnya ketersediaan komiditi cabe rawit di Kota Singkawang.

“Hari ini kita menggelar penanaman cabe di hamparan Poktan Harapan Baru, Kelurahan Sungai Bulan, Kecamatan Sungai Bulan. Hal ini menjadi upaya pemerintah untuk mengendalikan inflasi pangan, khususnya cabe rawit di Kota Singkawang,” ujar Dwi Yanti, Kepala Dinas PKPP Kota Singkawang saat diwawancarai.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi DPKPP Kota Singkawang yang telah menggelar kegiatan penanaman cabe ini. Ia juga berterimakasih atas komitmen dan kerjasama Poktan Harapan Baru yang menjaga kesuburan hasil panen yang berlimpah.

Lebih lanjut, Tjhai Chui Mie meminta agar masyarakat Kelurahan Sungai Bulan selalu mendukung komitmen pemerintah dalam memajukan Kota Singkawang melalui berbagai kegiatan yang membawa dampak positif. Ia pun mengimbau kepada para petani cabe untuk menyampaikan berbagai kebutuhan untuk menunjang penanaman cabe rawit kepada penyuluh dan dinas terkait.

“Pesan saya kepada Kelompok Tani (Poktan) Harapan Baru harus menjaga kesehatan dan berkomitmen serta fokus dengan penanaman cabe ini. Jangan sungkan untuk sampaikan kepada Dinas PKPP Kota Singkawang sehingga apa yang diperlukan bisa dibantu agar menjadi lancar,” ujarnya.

“Saya harap tanaman yang sudah kita tanam hari ini dirawat dengan sepenuh hati dan tumbuh subur. Makan cabe juga bermanfaat untuk membuat kita tambah kuat dan virus tidak mau masuk, tapi jangan kebanyakan nanti sakit perut, ” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik