Singkawang, MC – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang, Istri Handayani menegaskan proritas program kerja GOW Kota Singkawang akan difokuskan pada peran serta GOW sebagai mitra pemerintah dalam pemulihan ekonomi masyarakat khususnya UMKM pasca Pandemi COVID-19 dan  Upaya Pencegahan Penambahan Angka Stunting di Kota Singkawang.

Istri mengatakan sesuai dengan hasil Rapat Konsolidasi (Rakon) BKOW–GOW se Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Oktober 2022 di Kabupaten Mempawah, rekomendasi yang dihasilkan yaitu BKOW-GOW mengangkat Pemulihan EKonomi Pasca Pandemi Covid-19.

“Untuk melaksanakan rekomendasi hasil Rakon maka kami akan menyusun action plan melalui program kerja GOW dengan mengutamakan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. Dan kami juga akan menjadikan perhatian terhadap Stunting sebagai program utama. Karena upaya penekanan atau pencegahan stunting  diperlukan kerjasama semua pihak dan keberadaan stunting tidak serta merta, diperlukan proses edukasi dan pemahaman sejak dini oleh masyarakat,” kata Istri, Senin (31/10/2022).

Di era pasca pandemi seperti saat ini, masyarakat dan pelaku usaha termasuk UMKM mempunyai peran yang strategis dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah. Salah satunya dengan memberikan edukasi/pelatihan kepada mereka mengenai strategi pemasaran yang efektif, product support, melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha, dll diharapkan mampu mengangkat perekonomian di masa pemulihan pasca Covid-19.

“Masyarakat khususnya para pelaku usaha/home industry banyak yang mengalami penurunan omset/keuntungan pada usaha mereka sebagai imbas adanya Pandemi Covid-19. Masyarakat dan pelaku usaha termasuk UMKM sebenarnya mempunyai peran yang strategis dalam mempercepat pemulihan ekonomi. Dengan memberikan edukasi/pelatihan kepada masyarakat mengenai strategi pemasaran yang efektif, product support, melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha. Diharapkan mampu mengangkat perekonomian di masa pemulihan pasca Covid-19,” ujarnya.

Dalam melaksanakan kegiatan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19, Istri menggunakan strategi empowering dan penyertaan / seiring dengan Pemerintah Daerah maupun organisasi wanita yang tergabung dalam GOW dan tidak menutup kemungkinan dengan para donatur melalui sumbangan yang tidak mengikat maupun csr pada beberapa perusahaan.

Dalam rekomendasi yang dihasilkan, GOW dituntut untuk lebih pro aktif melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang maupun perusahaan, tokoh agama, tokoh masyarakat serta organisasi kemasarakatan lainnya yang ada di Kota Singkawang.

“kalau dilihat dari kemampuan anggaran memang GOW Kota Singkawang tidak memiliki anggaran yang besar, namun kita memiliki potensi, niat, kemauan yang bisa menunjang kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk itu, kami memerlukan sinergi antar Instansi Pemerintah Daerah maupun vertikal dan semua stakeholder agar dapat bersama-sama, seiring melaksanakan program dan kegiatan yang endingnya adalah memberikan kontribusi peningkatan ekonomi masyarakat di masa kini dan berusaha memberikan edukasi pada masyarakat melalui sekolah-sekolah dan calon ibu agar tidak bertambah lagi angka stunting di Kota Singkwang,” pungkas Istri.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik