Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang menggelar pertemuan dengan sejumlah pedagang dalam rangka mensosialisasikan rancangan revitalisasi pasar di Basement Kantor Wali Kota, Senin (6/12/2021) malam. Lokasi pasar yang dimaksud adalah Pasar Beringin dan Pasar Turi.

“Kita menyampaikan kepada mereka bahwa kita akan segera membangun pasar sementara dan membongkar pasar yang sudah ada. Tujuan pembongkarannya adalah untuk revitalisasi pasar tersebut.” ujar Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan kedepannya pasar yang direvitalisasi tidak hanya digunakan untuk kepentingan pasar saja, namun untuk memperindah lokasi sebagai salah satu titik kunjungan bagi para wisatawan yang datang ke kota Singkawang.

“Kurang lebih selama 6 bulan, investor dan arsitek sudah mengunjungi lokasi pasar untuk mempelajari dan menguasai titik-titik dan lokasi macet-nya. Semua sudah mereka perhatikan. Dimana pasar ini nantinya bukan hanya sekedar untuk pasar, tapi bisa untuk kunjungan wisata sehingga menjadi ikon untuk kota Singkawang. Sekaligus meningkatkan pendapatan para pedagang itu sendiri.” ujarnya.

“Konsep yang dipikirkan seperti night market, sehingga orang-orang yang berdatangan merasa nyaman untuk makan di situ. Kemudian di sela-sela ruko yang satu dengan yang lain, kita akan pasang semacam pelindung supaya lebih nyaman berbelanja jadi tidak perlu takut kehujanan atau kepanasan.” tambahnya.

Rencana pengerjaan revitalisasi pasar ini akan dimulai pada Januari 2022 dan ditargetkan selesai pada Desember 2022. Nantinya, para pedagang yang terdampak akan berjualan dan menempati pasar sementara yang terletak di samping Terminal Beringin.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik