Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang mengikuti visitasi atau presentasi dalam rangkaian Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Kalimantan Barat. Pemerintah Kota Singkawang termasuk dalam daftar badan publik yang memenuhi ketentuan nilai SAQ di atas 60 poin.

Presentasi atau Visitasi ini diadakan di Ruang Audio Visual Komplek Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (15/11/2023). Presentasi ini juga menjadi tahapan penilaian final dari Monev KIP Badan Publik setelah melewati tahapan pengisian dan verifikasi SAQ sebelumnya.

Sebagai bentuk komitmen nyata terhadap keterbukaan informasi publik, presentasi Monev KIP tahun 2023 kali ini dihadiri langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumastro   didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Evan Ernanda.

“Dalam rangka mensukseskan keterbukaan informasi publik di Kalimantan Barat, Saya hadir langsung disini dan sangat mengapresiasi kegiatan monev pelaksanaan KIP yang diselenggarakan oleh komisi informasi kalimantan barat ini.” kata Sumastro.

Sumastro menyampaikan, Pemerintah Kota Singkawang pada prinsipnya sangat mendukung dan terus berkomitmen terhadap keterbukaan informasi publik serta segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Semoga kedepannya proses keterbukaan dan transparansi penyelenggaran layanan informasi publik di Kota Singkawang terus dapat kita implementasikan.” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang Evan Ernanda mengatakan pada presentasi kali ini Pemkot Singkawang menampilkan beberapa inovasi dan strategi implementasi KIP baik yang telah berjalan maupun yang akan direncanakan untuk tahun 2024.

“Segala perbaikan dan inovasi baik digital maupun non digital senantiasa diupayakan Pemkot Singkawang dalam mendukung keterbukaan informasi publik. Diantaranya perbaikan regulasi, peningkatan kapasitas SDM serta pengembangan website Kota dan PPID”. jelasnya.

Evan menambahkan, upaya dan inovasi ini akan terus dilakukan dan dikembangkan secara berkelanjutan sebagai bagian dari implementasi Kota Singkawang menuju Kota Cerdas atau Smart City.

Tak lupa, Evan juga mengucapkan terimakasih kepada Pj Wali Kota Singkawang yang telah bersedia hadir secara langsung dalam presentasi Monev KIP badan publik Pemerintah Kota Singkawang. Ia berharap semoga Kota Singkawang memperoleh hasil Monev yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Terimakasih kepada Pj Wali Kota Singkawang yang telah hadir pada presentasi monev KIP tahun ini. Ini adalah bentuk komitmen kita bersama, dan kita sudah berusaha maksimal, semoga mendapat hasil yang memuaskan.” tutupnya.

Bid. IKP