Singkawang, MC – Peran besar PMI dalam misi kemanusiaan, telah menempatkannya sebagai garda terdepan dalam berbagai kondisi yang belum tentu mampu dilakukan oleh setiap orang, bahkan dalam bencana besar sekalipun, PMI selalu tetap eksis membantu baik dalam misi penyelamatan hingga pemulihan pasca bencana.

Hal itu disampaikan Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro pada acara silaturahmi bersama Pengurus PMI, Kepala OPD terkait dan Kepala Rumah Sakit dan Klinik se-Kota Singkawang. Ia menyebut kehadiran PMI di Singkawang sangat membantu dalam berbagai hal terutama dalam hal penyediaan darah bagi pasien di seluruh fasilitas kesehatan.

“Kehadiran PMI begitu penting bagi masyarakat kita, khususnya dalam hal penyediaan keperluan darah bagi pasien di hampir seluruh rumah sakit dan klinik yang ada di Kota Singkawang,” sebutnya.

Ia mengakui, tanggung jawab besar PMI harus ditunjang dengan pengembangan program kerja, agar PMI tidak hanya sekedar berkutit dengan urusan penyediaan keperluan darah semata, namun lebih dari itu juga bisa terlibat dalam penanganan masalah kesehatan lingkungan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait.

“Kita harus akui, PMI sangat besar tanggung jawabnya, perlu sebuah program yang benar-benar bisa menjadikan PMI tidak hanya sekedar sebagai penyedia stok darah bagi yang memerlukan, namun lebih dari itu, kedepannya PMI juga bisa melebarkan sayapnya untuk membantu Pemkot Singkawang dalam hal kesehatan lingkungan,” akui Sumastro.

“Oleh sebab itu, saya berharap betul, kepengurusan PMI yang akan mengalami pergantian nantinya memiliki visi yang lebih baik, sehingga PMI benar-benar bisa diandalkan,” tambahnya.

Terkait musyawarah PMI yang akan segera dilaksanakan, Sumastro ingin lahir wajah baru PMI dengan gagasan baru yang lebih solid dan akuntabel, karena perubahan tidak hanya bermodalkan niat baik semata, namun juga sangat membutuhkan sebuah kerja keras.

Bid. IKP