Singkawang, MC – Universitas OSO dan Pemerintah Kota Singkawang menjalin kerjasama dalam rangka membangun Tri Dharma Perguruan Tinggi di ruang rapat Wali Kota Singkawang, Jumat (8/7/2022). Impementasi kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi ini meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Universitas OSO, Dede Suratman mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di wilayah Kalimantan Barat, khususnya Kota Singkawang. Ia berharap kerjasama ini dapat memberikan gairah pada peningkatan sumber daya manusia.

“Untuk bidang pendidikan, kita harapkan ada suatu kerjasama untuk ikut mencerdaskan kehidupan masyarakat Kota Singkawang. Untuk bidang pengajaran, kita berharap ada orang-orang yang potensial di Kota Singkawang bisa berkontribusi ke kita dan begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

“Untuk bidang penelitian, kita bisa kembangkan potensi-potensi yang ada di sini. Kebetulan kita punya SDM dalam bidang kelautan, hukum dan manajemen. Kemudian pada bidang pengabdian masyarakat, kita bisa turun tangan berkontribusi memecahkan masalah yang ada di lapangan,” tambahnya.

Selain itu, Dede menambahkan Kota Singkawang memiliki potensi di bidang pariwisata dan bidang perhotelan. Kedepannya, Universitas OSO akan menambah program studi Pariwisata dan program studi Perhotelan. Namun, hingga saat ini pihaknya tengah kesulitan mencari tenaga pengajar bidang pariwisata dan bidang perhotelan yang dibutuhkan.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyambut baik kerjasama ini. Ia memberikan ucapan selamat atas berdirinya Universitas OSO yang turut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Tentunya, pembangunan Universitas OSO ini memudahkan putra-putri Kota Singkawang untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut. Mereka tidak perlu kuliah jauh-jauh dan banyak program studi yang ada,” ujarnya.

“Mudah-mudahan, kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi ini bisa berjalan baik dan lancar. Supaya kita bisa sama-sama mendapatkan manfaatnya untuk kemajuan pembangunan dan kecerdasan masyarakat wilayah Kalimantan Barat, khususnya Kota Singkawang,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik