Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang dan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Singkawang menjalin kerja sama pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh Pj Wali Kota Singkawang bersama Area Manager BSI Kalbar, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Singkawang di Ruang Rapat Wali Kota, Selasa (16/7/2024).

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan, kesepakatan ini dalam rangka pelaksanaan kerja sama Pemanfaatan Layanan Jasa dan Produk Perbankan Syariah yang dimiliki oleh Bank Syariah Indonesia guna memberikan manfaat produk layanan jasa perbankan bagi Pemerintah Kota Singkawang.

“Di era sekarang, semuanya butuh yang serba cepat dan digital. Sehingga bisa dilakukan di mana saja. Tak terkecuali juga untuk layanan publik pemerintah daerah. Maka dari itu kita bekerja sama dengan pihak BSI cabang Singkawang untuk fasilitas akses layanan perbankan,” tuturnya.

Sumastro menambahkan, harapannya melalui kerja sama ini dapat memberikan kemudahan bagi Unit Pelaksana Badan Pendapatan Daerah Kota Singkawang dalam urusan Penerimaan Pembayaran Pajak Daerah.

“Tentu dengan ini, kita berharap masyarakat khususnya nasabah BSI dapat menggunakan layanan ini. Dan pendapatan asli daerah dari pajak daerah kita pun bisa meningkat,” tutup Sumastro.

Sementara, Area Manager BSI Kalbar, Wisudoto Patria Masiprahma menyampaikan, BSI hadir berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Singkawang untuk memberikan akses pembayaran secara digital.

Wisudoto menyebut, pihaknya sudah mencoba untuk menambah satu akses digital untuk mempermudah pembayaran pajak menggunakan mobile banking.

“Dari yang kita lakukan di kota/kabupaten lain juga sudah berjalan, mudah-mudahan di Kota Singkawang juga akan bisa dipergunakan dengan baik. Sehingga dengan hadirnya akses pembayaran, akan memperbesar peluang untuk meningkatkan pendapatan daerah,” katanya.

Ia juga menjelaskan, nasabah BSI di Kota Singkawang cukup besar. Oleh karena itu, semoga banyak yang memanfaatkan layanan ini guna mendorong pembayaran pajak daerah secara nontunai.

Kedepan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Pemkot Singkawang, seperti berupaya untuk ikut serta berperan dalam pengembangan pembangunan masjid, bedah rumah, dan program-program bermanfaat lainnya.

“BSI cabang Singkawang tentu ingin hadir secara lebih konkret untuk semakin memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” harapnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo