Singkawang, MC – Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) tahun 2024 kembali digelar Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) di Stadion Kridasana, Rabu (16/10/2024).

Mengangkat tema “Ragam Budaya Singkawang untuk Pemajuan Kebudayaan Nusantara”, PKD ini bertujuan untuk mempererat persatuan antar masyarakat melalui seni dan budaya.

“Selain untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, PKD ini sebagai wujud implementasi dari agenda strategi pemajuan kebudayaan, dengan cara menyediakan ruang bagi keberagaman ekpsresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif,” kata Kepala Disdikbud Kota Singkawang Asmadi.

Tidak hanya berfokus pada pertunjukan seni, Asmadi menyampaikan, rangkaian PKD ini juga menghadirkan pameran kerajinan tangan, bazar kuliner tradisional, hingga lomba seni budaya antar komunitas.

“PKD yang dibuka pada hari ini juga merupakan puncak dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka implementasi Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dan Gerakan Satu Sekolah Satu Kearifan Lokal (GS3KL),” tuturnya.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain lomba permainan tradisional seperti Gonde, Bakiak, Engrang, dan Hulahop mulai dari jenjang RA/TK, SD/MI, SMP/MTS sampai antar instansi.

Berdasarkan laporan Asmadi, Jumlah peserta yang berpartisipasi pada PKD tahun 2024 ini berjumlah 108 peserta pagelaran seni dan 31 peserta stand pameran, dengan total peserta yang berpartisipasi sekitar 1.400 orang.

Asmadi berharap, dengan diadakannya PKD yang sudah menjadi agenda tahunan Disdikbud Kota Singkawang dapat lebih banyak mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, memperkaya keberagaman budaya, dan mencerdaskan anak bangsa khususnya di Kota Singkawang.

“Dalam kesempatan ini terimakasih kepada Pj Walikota Singkawang dan seluruh stakeholder beserta donatur yang telah membantu menyukseskan kegiatan PKD tahun ini. Mari kita meriahkan rangkaian PKD ini, saling jalin silaturahmi sehingga budaya kita semakin jaya,” harapnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo