Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie melepas puluhan mobil hias yang mengikuti pawai takbir keliling dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 H, di Masjid Raya Singkawang, Minggu (1/5/2022).

Pelepasan pawai takbir ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wali Kota diikuti serentak pula oleh remaja Masjid Raya Singkawang.

Hadir pada kegiatan Wakil Walikota Singkawang, Forkopimda Singkawang, Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI, Ketua PHBI serta Kepala OPD.

“Pawai takbir ini merupakan wujud ekspresi kegembiraan kita bersama dengan seluruh umat muslim setelah sebulan penuh melaksanakan Ibadah puasa di bulan Ramadan,” kata Tjhai Chui Mie.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan media untuk mepererat silaturahmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya.

“Apresiasi kepada PHBI Kota Singkawang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam di tengah masyarakat yang aman, damai dan saling menjaga toleransi,” katanya.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang dan atas nama keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri bagi masyarakat Kota Singkawang yang merayakan,” tambahnya.

Kepala Kantor Kemenag Singkawang, Muklis mengatakan Pawai takbir ini menyambut hari kemenangan setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa.

“Besok kita melaksanakan sholat Ied. Mari kita berdoa agar kita semua diberikan kesehatan dan semoga amal ibadah selama ramadan diterima Allah SWT. Mari kita pertahankan Kota Singkawang sebgai kota tertoleran pertana di Indonesia. Malam ini kita buktikan berbabur pada pelaksanaan pawai takbir,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PHBI Singkawang Ruslam Karim menyebutkan pihaknya mengajak dan mengundang 132 masjid se Kota Singkawang untuk mengikuti pawai takbir. “Alhamdulillah ramai yang mengikuti, meskipun tidak semua,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Singkawang yang telah mendukung penuh kegiatan ini. “Juga tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pihak keamanan TNI dan Polri yang telah membantu memberikan pengamanan sehingga suasana aman dan kondusif,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik