Singkawang, MC – Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Kalimantan IX/Singkawang, Yuyu Wahyudin melaunching tim Patroli Terpadu di wilayah Daops Manggala Agni Kalimantan IX/Singkawang untuk tahun 2020, Rabu (15/7/2020).

“Patroli Terpadu dilaksanakan pada enam posko desa yang dimulai tanggal 15 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020, dengan total jangkauan patroli pada 12 desa,” kata Yuyu. 

Menurutnya, Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla yang dilaksanakan adalah sebagai wujud nawa cita pemerintah, dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan menggandeng TNI, Polri, pemerintahan daerah dan masyarakat, serta para pihak terkait lainnya. 

“Termasuklah pemegang izin usaha kehutanan/perkebunan pada areal rawan Karhutla,” ujarnya. 

Kegiatan patroli terpadu yang dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2016 ini mengedepankan kegiatan penguatan kapasitas masyarakat tingkat tapak untuk bersama-sama melakukan kegiatan pencegahan Karhutla, deteksi dini dan penanganan dini.

Patroli Terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan sebagai upaya optimalisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan mengedepankan prinsip deteksi dini, kemutakhiran data, kehadiran petugas di tingkat tapak dan sinergitas antar instansi/lembaga dengan masyarakat tingkat desa. 

“Masing-masing tim Patroli Terpadu yang terdiri dari anggota MA, TNI, Polri dan masyarakat setiap hari melaksanakan kegiatan sosialisasi Door to Door kepada masyarakat di desa rawan Karhutla serta melakukan deteksi dini tingkat kerawanan kebakaran dengan basis desa,” ungkapnya.

Dia berharap, melalui patroli terpadu ini intensitas kebakaran hutan dan lahan dapat menurun sehingga tidak berdampak pada kabut asap di tahun 2020