Singkawang, MC – Pasca relokasi, Pedagang Kaki Lima (PKL) di Lapangan Tarakan Singkawang mulai ramai dikunjungi warga.

Hari ketiga relokasi PKL di jalan Merdeka dan jalan Pemuda ke Lapangan Tarakan oleh Pemerintah Kota Singkawang mulai berjalan efektif.

Pada Sabtu (22/6/2024) malam, tampak warga ramai memadati gerobak PKL sambil bersantai ria bersama keluarga atau sahabat melepaskan diri dari hiruk pikuk kesibukan kerja.

Evi (55) salah satu PKL menuturkan pengunjung di Lapangan Tarakan sudah mulai ramai sejak hari kedua pasca relokasi.

Karena semakin ramai pengunjung di waktu malam, Ia dan seluruh ex PKL Pujasera Kilometer Nol Singkawang tutup hingga pukul 01.00 WIB.

“Alhamdulillah pak, dari hari kedua relokasi kemarin pengujung sudah ramai, kami bahkan tutup sampai jam 01.00 waktu itu,” tutur Evi.

“Apalagi nanti mau dipasang WiFi disini, kami yakin makin ramai pengunjungnya,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM, Dede Sudrajat mengatakan sudah ada 32 PKL pindah ke Lapangan Tarakan dengan dibantu kendaraan dari Disdaginkop dan UKM serta Satpol PP Kota Singkawang.

Meski baru 17 PKL yang aktif berjualan, dirinya menilai hal itu sebagai awal yang baik dalam proses relokasi.

“Dihari pertama pasca batas akhir pengosongan sudah ada 19 PKL yang kita bantu pindah ke Tarakan, lalu berikutnya ada nambah lagi 8 PKL dihari kedua dan hari ketiga ini nambah lagi 5 PKL, jadi sudah total 32 PKL yang pindah ke Lapangan Tarakan dengan 17 PKL yang sudah mulai aktif berjualan dari semenjak pindah sampai hari ini,” ujar Dede.

“Insya Allah hari Minggu ini kita ada lagi bantu pindah 5 PKL lagi, semoga semua berjalan lancar,” tutupnya.

Bid. IKP