Singkawang, MC – Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan beserta Istri dan jajaran PJU Kodam XII melakukan kunjungan ke Kota Singkawang pada tanggal 7-9 September 2023. Beberapa rangkaian kunjungan Pangdam di Kota Singkawang diantaranya ke Belneg Dodik Rindam XII Tanjungpura, Brigif 19 Khatulistiwa, Kodim 1202, Polres Singkawang, Rumah Jabatan Wali Kota dan Yonif 641 Raider.

Pangdam mengaku senang berada di Kota Singkawang dan bisa menyaksikan langsung, bahwa toleransi di Kota Singkawang itu benar-benar nyata dan predikat Kota Tertoleran memang sangat pantas disandang oleh Singkawang.

“Saya senang berada disini, ternyata Toleransinya itu benar-benar nyata, dan memang pantas predikat Kota Tertoleran di Indonesia disandang oleh Kota Singkawang,” kata Pangdam saat jamuan makan malam di Rumah Dinas Wali Kota, Jumat (8/9/2023) malam.

“Jaga Toleransi ini, supaya bisa jadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia,” pesannya.

Pangdam mengatakan, kehadirannya tidak hanya sekedar bersilaturahmi, namun juga bagian dari hadirnya TNI sebagai pemberi solusi dan membantu Pemkot/Pemkab dalam mensejahterakan masyarakat melalui program bakti TNI seperti kegiatan penurunan stunting dan lainnya.

Sementara Pj. Wali Kota Sumastro mengungkapkan rasa bangga kepada Mayjen TNI Iwan Setiawan, yang merupakan salah satu orang yang berhasil menaklukkan Puncak Everest (Puncak tertinggi di dunia).

“Terus terang saya bangga, bapak jadi Pangdam kami, karena prestasi luar biasa pak Panglima yang bisa menaklukkan puncak tertinggi di dunia, yaitu Mount Everest,” ungkapnya.

Berdasar fakta beberapa Pandam XII/Tanjungpura yang berhasil menjadi Panglima TNI seperti Moeldoko dan Andika Perkasa, Sumastro mendoakan mantan Danjen Kopassus itu, juga bisa mengikuti jejak seniornya menjadi Panglima TNI.

“Kita dulu pernah dipimpin Pak Moeldoko dan Pak Andika Perkasa, dan dua-duanya Alhamdulillah ditakdirkan menjadi Panglima TNI, mudah-mudahan Pak Pangdam kita ini juga bisa menjadi Panglima TNI, Amin,” doanya.

Sedikit mengulas Toleransi dan dinamikanya, Pj. Wali Kota mengatakan, hal tersebut telah berdampak signifikan dalam meningkatnya pembangunan di Kota Singkawang.

Oleh sebab itu, Ia meminta arahan Pangdam dalam memperkuat sinergitas Pemkot dan TNI/Polri dalam mewujudkan Kantibmas demi membangun Singkawang menjadi lebih baik.

“Toleransi di Singkawang ini, sudah berdampak signifikan dalam pembangunan, demi menjaga trend ini tetap ada, kami mohon arahan untuk memperkuat sinergisitas bersama TNI/Polri dalam hal Kantibmas, agar Singkawang bisa lebih baik lagi kedepannya, bersatu membangun peradaban dalam bingkai kebersamaan,” ujarnya.

Bid. IKP