Singkawang, MC – Pangdam XII/TPR Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmat melepas keberangkatan 450 personel Yonif 641 Raider Singkawang yang akan melaksanakan tugas selama 9 bulan di wilayah perbatasan RI-Malaysia. 
Pelepasan turut dihadiri Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan Kapolres Singkawang AKBP Raymond M Masengi di Markas Yonif 641 Raider, Minggu (24/11/2019).

“Keberangkatan para prajurit Yonif 641 Raider, selain bertugas menjaga kedaulatan NKRI, juga diharapkan mencegah penyelundupan senjata api dan narkoba,” kata Muhammad Nur Rahmat.

Dia mengucapkan selamat kepada seluruh prajurit Yonif 641 Raider yang akan berangkat melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

“Tugas menjaga wilayah perbatasan merupakan kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara. Untuk itu, saya berharap agar kepercayaan yang telah diberikan, hendaknya dijadikan pedoman dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Kedatangan dia ke Singkawang, karena mau memberangkatkan para prajurit kebanggaan untuk mengemban tugas negara di wilayah perbatasan RI-Malaysia. 

“Saya sudah mengecek kesiapan dan keterampilan seluruh personel dan secara organisasi mereka sudah lengkap. Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh prajurit agar laksanakan tugas dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin dan rasa tanggungjawab yang tinggi,” ungkapnya.

Dia mengatakan, bahwa tugas pengamanan perbatasan harus dimaknai sebagai amanah, kepercayaan, harga diri dan kebanggaan, karena tidak setiap prajurit mendapatkan kesempatan melaksanakan penugasan seperti itu.

Melaksanakan tugas membela negara adalah kehormatan, maka laksanakan tugas semaksimal mungkin bagi negara tanpa mengharap pamrih apapun, karena hidup dan mati Prajurit, adalah untuk ibu pertiwi.

Para prajurit yang bertugas, pesannya, agar selalu menjaga pelaksanaan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Selain itu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam langkah pengabdian serta melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan untuk berbuat yang terbaik bagi Negara dan Bangsa.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas kepada prajurit yang ditugaskan di wilayah perbatasan RI-Malaysia. 

“Semoga Tuhan YME selalu memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua dalam mengemban dan menjalankan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” katanya. 

MC. Kota Singkawang