Singkawang, MC – Ratusan warga Singkawang antusias mengantri untuk mendapatkan paket sembako murah pada Operasi Pasar tahap IV hari pertama di Pasar Semi Modern Alianyang (Jembatan Pelangi) Rabu (12/6/2024).

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro meninjau langsung operasi pasar yang diinisiasi Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdaginkop dan UKM) Kota Singkawang. Operasi pasar tahap IV menyediakan 1600 paket sembako berupa beras premium 5 Kg, gula pasir 2 Kg dan minyak goreng 2 liter dengan harga Rp105 ribu per paket.

Pj Wali Kota mengaku bangga atas konsistensi pelaksanaan operasi pasar. Hal itu jadi bukti keseriusan pihaknya dalam meringankan beban ekonomi masyarakat.

“Program ini dijalankan untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi masyarakat dan sebagai bukti pemerintah hadir di tengah masyarakat untuk menjawab berbagai persoalan hidup mereka sehari hari,” kata Pj. Wali Kota.

Sumastro berprinsip, program-program yang menghadirkan kebahagian pada warga Singkawang untuk diutamakan.

“Prinsip kita apa yang terbaik dan membahagiakan warga masyarakat itulah yang kita utamakan,” lanjutnya.

Menurutnya, antusias tinggi warga menyambut setiap operasi pasar menjadi alasan Pemkot Singkawang terus mencanangkan program pengendalian inflasi tersebut.

“Inilah wujud ekspresi masyarakat kita untuk memanfaatkan program operasi pasar yang sudah kita canangkan di tahun 2024. Bisa kita lihat sendiri, mereka rela mengantri sepanjang ini, padahal cuaca sekarang ini lagi panas,” ungkapnya.

Salah satu warga, Nurjanah (55) mengatakan dirinya sudah mengantri sejak pukul 05.00 WIB, hal itu ia lakukan agar tidak terjebak antrian panjang mengingat banyaknya warga yang ingin mendapatkan paket sembako murah tersebut.

“Saya sudah antri dari jam 05.00 subuh, maklum lah harga paket sembako ini memang jauh lebih murah dari yang ada dipasaran, pasti banyak juga warga yang ingin mendapatkannya,” ujar Nurjanah.

Menurutnya program Pemkot Singkawang ini sangat ia nanti-nantikan karena telah banyak membantu ekonomi keluarganya di saat harga-harga kebutuhan pokok melonjak di pasaran.

“Tiap ada operasi pasar saya tidak pernah absen mengikuti, karena memang sangat membantu ekonomi kami sekeluarga, apalagi di saat sekarang ini harga barang pokok rata-rata lagi naik,” menurutnya.

“Terima kasih Pemkot Singkawang karena sudah sangat peduli membantu meringankan beban ekonomi kami,” tutup Nurjanah.

Sementara itu, Sekretaris Disdaginkop dan UKM Singkawang, Dede Sudrajat terus menghimbau masyarakat tetap tertib dalam mengantri agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas.

“Kepada masyarakat saya minta tetap tertib dalam mengantri, jangan sampai menimbulkan kemacetan di jalan, ikuti arahan petugas,” imbau Dede. (*Gun)

Bid. IKP/Kominfo