Penyerahan hadiah lomba kelurahan se Kota Singkawang. Foto : Dinsos PPPA

Singkawang, MC – Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur menyabet juara I pada lomba kelurahan se Kota Singkawang. Sementara juara II dan III diraih Kelurahan Setapuk Besar dan Keluragan Sagatani.

Penyerahan hadiah lomba dilakukan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Singkawang, Kamis (6/6/2024) di Rumah Adat Melayu Balai Serumpun.

Kepala Dinsos & PPPA, Sutiyarto mengatakan, lomba kelurahan berlangsung Mei 2024 lalu, dengan tim penilai dari enam OPD dan PKK Kota Singkawang.

“Tim penilainya ada 6 OPD dan 1 dari PKK Kota Singkawang yaitu Dinsos & PPPA, Bagian Organisasi, Bagian Pemerintahan, Satpol PP, Bappeda dan Dinkes & KB,” ucap Sutiyarto.

Terpilihnya Kelurahan Nyarumkop, Singkawang Timur sebagai pemenang lomba, disebut Sutiyarto karena keunggulan potensi daerahnya di sektor wisata yang dikelola melalui pemberdayaan masyarakat.

“Nyarumkop memiliki 15 potensi daerah di sektor wisata, disana ada wisata batu belimbing, wisata agro edukasi, wisata gang mandiri, wisata camping diatas bukit, bumi perkemahan mantoman, desa wisata jalan subara, wisata air terjun riam semayak, wisata paket jantok durian tainam bukit rayo, wisata religi edukasi, wisata cagar budaya, pemandian eria, kebun buah, Taman Nyarumkop, Taman pemancingan air hitam dan Tainam Sport Center,” sebutnya.

“Itulah kekuatan mereka di sektor pariwisata yang dikelola melalui pemberdayaan masyarakat dan sudah banyak dapat penghargaan dari pemerintah,” lanjutnya.

Sebagai OPD pengampu Pemberdayaan Masyarakat, Sutiyarto mengimbau kepada seluruh kelurahan serius membenahi data dan profil kelurahan serta Program Desa Kelurahan (Prodeskel) dan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel).

“Kedepan kami minta setiap kelurahan harus membenahi data kelurahan, profil kelurahan kemudian melakukan pembenahan prodeskel dan epdeskel yang diminta Kemendagri,” ujarnya.

Ia berharap, setiap kelurahan bergerak memajukan daerahnya agar berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan kedepan, semua kelurahan baik ada lomba atau tidak, harus tetap terus bergerak memajukan tempat mereka agar bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan warganya,” harap Sutiyarto.

Bid. IKP/Kominfo