Singkawang, MC – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Singkawang menggelar Sosialisasi Pembinaan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Masyarakat yang akan Melaksanakan Pemilu Serentak 2024 di Aula Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kamis (03/11/2022).

Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan sebagai narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan penyelenggaraan pemilu serentak yang tidak lama lagi akan dilaksanakan haruslah disikapi dengan nilai-nilai kebangsaan salah satunya adalah nilai-nilai Pancasila.

“Penyelenggaraan pemilu ini bagaimana kita sebagai anak bangsa harus menyikapinya dengan rasa kebangsaan dan terutama anak-anak muda untuk menjadi pelopor agar pemilu ini nanti bisa berjalan secara pancasilais.” katanya.

Irwan sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi pembinaan nilai-nilai pancasila pada persiapan pemilu ini yang dinilai sangatlah tepat untuk diterapkan di masyarakat Kota Singkawang yang memiliki sosial kultural yang heterogen sehingga nilai-nilai pancasila dapat menjadi solusi berdemokrasi yang baik.

“Sosialiasi pembinaan nilai-nilai pancasila untuk persiapan pemilu serentak 2024 ini saya rasa sangatlah penting mengingat seperti yang diketahui Kota Singkawang ini memiliki berbagai macam suku dan sosial kultural yang heterogen. Sehingga pancasila lah yang dapat menjadi solusi yang baik agar demokrasi kita juga dapat berjalan lancar.” jelasnya.

Ia menambahkan daftar pemilih tetap untuk pemilu serentak tahun 2024 kemungkinan besar akan didominasi oleh anak-anak generasi muda dan milenial sehingga diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai pertahanan diri dalam menyikapi polemik perbedaan pendapat dan pilihan dalam berdemokrasi yang dapat menjurus kepada perpecahan.

“Perlu saya tekankan sekali lagi, pada 2024 nanti pemilih tetap pada saat pemilu akan didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z, maka dari itu pembinaan mengenai nilai-nilai pancasila ini sangatlah penting agar jika terjadi perbedaan pendapat dan pilihan tidak menyebabkan perpecahan dan perselisihan. Jangankan orang lain, sesama anggota keluarga saja kalau sudah masalah politik bisa berpecah. Itu poin pentingnya.” tegasnya.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang agar bersama-sama mensukseskan pemilu serentak tahun 2024 dengan mulai mempersiapkan diri, mempelajari pedoman-pedoman pemilu yang berlandaskan pancasila dan berasaskan Langsung Umum Bebas Rahasia serta Jujur dan Adil (Luber dan Jurdil).

“Jadi mari saya mengajak untuk semuanya, untuk sama-sama kita implementasikan nilai-nilai pancasila sebagai persiapan pan pelaksanaan pemilu serentak 2024 nanti, siapkan diri dan juga mental serta tidak lupa menerapkan asas pemilu luber dan jurdil.” pesannya.

“Dan semoga pemilu 2024 nanti berjalan dengan lancar dan aman.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik