Singkawang, MC – Mimpi Singkawang miliki bandara akan segera terwujud. Hal itu dilihat dari peninjauan proges pembangunan bandara oleh jajaran Pemerintah Kota Singkawang bersama Forkopimda, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Tebelian Sintang, Direktur PT. Pulauintan dan Tim Leader pada Jumat (19/1/2024).

“Kita hadir di sini untuk bersama-sama mengecek bagaimana kondisi terbaru pembangunan bandara hingga tanggal 19 januari ini. Kita berharap apa yang telah menjadi pencapaian ini, betul-betul menjadi kebanggaan Kota singkawang.” Kata Pj Wali Kota Sumastro.

Tak lupa, Sumastro mengucapkan terima kasih kepada Koordinator Donatur, Ketua Team Leader Pembangunan dan Kepala UPBU serta pihak-pihak lain yang telah memberikan perhatian dan kontribusi dalam mewujudkan impian bersama Kota Singkawang untuk memiliki bandara.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya saya ucapkan karena sudah sangat luar biasa perhatian dari Kemenhub, pihak CSR melalui koordinatornya bapak Pui Sudarto dan Team Leader Ibu Tjhai Chui Mie bisa menggalang para donatur serta dukungan dari masyarakat semua sehingga mimpi singkawang memiliki bandara kini dapat terwujud.” ucapnya.

Melalui CSR dari para Donatur dan pihak Swasta, panjang runway yang semula hanya 1.400 meter diperpanjang menjadi 2.000 meter, dengan harapan mampu mendaratkan pesawat berbasis turbojet sekelas Airbus A320. Serta pembangunan terminal penumpang lengkap dengan fasilitasnya seluas 8.000 meter persegi.

“ini adalah miracle bagi kita semua. Bagian dari semangat, The Dream Comes True”, ujarnya.

Sumastro berharap, nantinya pada tahap kalibrasi untuk mengetes kesiapan landas pacu dan equipment lain sebagai syarat keamanan operasi penerbangan dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

“Saya juga berharap dalam mensuport angkutan pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh dari Kementerian Perhubungan dapat memberikan slot untuk penerbangan sementara menunggu resminya tanggal 18 April 2024,” harapnya.

Bid. IKP