Pj Wali Kota Singkawang, SUmastro beserta Forkopimda dan Kepala OPD mencoba permainan tradisional bakiak. Foto : Eko SR

Singkawang, MC – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang gelar Lomba Permainan Tradisional memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Lapangan Tarakan, Kamis (15/8/2024).

Lomba yang dibuka resmi Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro dikuti 36 tim yang berasal dari perwakilan OPD, TNI/Polri, kecamatan, kelurahan, K3TK, K3SD, MKKS SMP, MKKS SMA, MKKS SMK dan Komite/Paguyuban Sekolah.

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan peringatan HUT ke-79 RI sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Ini adalah hari peringatan bagi pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang dengan jiwa dan raga hingga gugur dalam membela kebenaran dan meraih kemerdekaan,” kata Sumastro.

Sebagai rangkaian menuju hari HUT RI tersebut, Sumastro menilai aktivitas-aktivitas berupa perlombaan seperti itu dapat memupuk nilai-nilai persaudaraan dan kekompakan seluruh elemen anak bangsa.

“Kegiatan lomba seperti ini bisa mengukuhkan nilai-nilai persaudaraan dan kekompakan di antara kita sesama ASN dan seluruh elemen anak bangsa yang ada di Singkawang,” menurutnya.

Di momen HUT RI tahun ini, Sumastro berpesan kepada seluruh peserta menjaga pola hidup sehat, penuh semangat dan kepercayaan diri yang tinggi dalam mengisi pembangunan.

Alasannya, hal itulah yang akan menjadikan Indonesia lebih hebat, lebih maju dan mampu bersaing dengan negara lainnya di dunia.

“Kita harus sehat, bersemangat dan punya kepercayaan diri yang tinggi agar perjalanan kehidupan bangsa dan negara kita kedepannya akan lebih hebat lagi, lebih maju dan bisa menjadi negara maju, hebat dan mempunyai daya saing dengan negara lainnya,” pesan Pj Wali Kota.

“Mari kita bersama-sama bergembira, bersuka cita melaksanakan acara perlombaan olahraga permainan tradisional yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Asmadi menyebut selain untuk memeriahkan HUT ke-79 RI, kegiatan tersebut lebih kepada upaya pelestarian permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa,” sebut Asmadi.

Ia pun menyampaikan jenis permainan tradisional jenis perlombaan yang dilombakan pada perayaan HUT ke-79 RI tahun 2024.

“Ada 4 kategori lomba yaitu Bakiak Putra/putri, Gala Hadang Putra/i, Lari Karung Putra/i dan Tarik Tambang Putra/putri,” ujarnya. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo