Singkawang, MC – Jawara Internet Sehat Kalimantan Barat 2022 menggelar Workshop Literasi digital. Kegiatan dengan tema “Ngeblog asyik dan lawan hoaks” digelar di SDN 23 Singkawang, Sabtu (1/10/2022).

Workshop diikuti 250 peserta dari guru-guru yang aktif, kreatif dan inovatif di wilayah Singkawang, Bengkayang dan Sambas.

Jawara Internet Sehat Kalbar, Multi Juniarti mengatakan workshop ini diikuti 250 orang yang dibagi menjadi lima sesi dengan peserta 50 orang per sesi.

“Namun Karena kemarin pesertanya 120 orang, maka dibagi menjadi dua sesi,” katanya.

Dihadapan paserta workshop, Multi Juniarti yang juga sebagai narasumber mengungkapkan salah satu tips menangkal hoaks adalah saring sebelum sharing dengan media blog guru dapat berbagi pengetahuan dan pengalamannya Dengan menggunakan blog memudahkan guru dalam memberikan tugas kepada siswa.

“Untuk mengisi artikel di blog tentunya sudah melakukan riset, cek dan ricek terlebih dahulu konten yang ingin dibagikan,” kata Multi

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang Asmadi berharap dengan workshop ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama para guru akan meningkat diantaranya proses pembelajaran digital.

“Kompetensi guru kegiatan kita dalam rangka membekali guru worskhop literasi digital meningkatkan kemampuan dan pemahaman guru memasuki guru pembelajar,” kata Asmadi saat membuka kegiatan.

Asmadi mengatakan pelaksanaan pendidikan dan juga di industri pendidikan 0.5, maka dibutuhkan kegiatan menulis pra wisata literasi nasional dalam angka guru nasional, dan akan dilaunching literasi guru terbaik yang akan dipusatkan di Hotel Mahkota Singkawang.

“Kita akan undang motivator Dikc Doang untuk meningkatkan kompetensi guru agar tetap profesional,” katanya.

Ia mengatakan Kota Singkawang merupakan baromater pendidikan Kalbar dan harus menjadi contoh dari daerah lain, bergerak bersama-sama untuk komiten yang hebat.

“Alhamdulillah prestasi 2021-2022 kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pengelola Indonesia Pintar terbaik,” ujarnya.

Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kota Singkawang, Dinas Kominfo, ICT Watch, , RKIM Kota Singkawang, IGI Kota Singkawang, PTIC kota Singkawang, JSDI Kota Singkawang, Pergunu, Blogger Singkawang, Wisata Pulau Temajo.

Sedangkan Narasumber berasal dari Jawara Internet Sehat Kalbar, Multi Juniarti dan Blogger Singkawang, Charis Dominggus.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik