Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menutup secara resmi Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II Angkatan XLVIII (48) di Gedung Diklat BKPSDM Kota Singkawang, Senin (26/9/2022).

Dalam sambutannya Tjhai Chui Mie mengatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki peranan yang sangat menentukan bagi keberhasilan pembangunan, karena sejumlah keputusan-keputusan strategis mulai dari memformulasikan kebijakan sampai dengan penetapannya dalam berbagai sektor pembangunan dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil.

“Untuk dapat membentuk sosok PNS profesional tersebut perlu dilakukan pembinaan melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan, pelatihan yang strategis untuk mewujudkan CPNS agar menjadi profesional dengan pelatihan terintegrasi yang salah satunya adalah Pelatihan Dasar CPNS yang kita lakukan ini,” ujarnya.

Ia mengatakan pelatihan Dasar CPNS ini dilaksanakan dalam rangka membentuk integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang PNS. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan PNS profesional yang berkarakter dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa.

“Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Kota Singkawang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada BPSDM Provinsi Kalimantan Barat sebagai lembaga diklat pemerintah yang terakreditasi atas dukungan penuh bagi suksesnya penyelenggaraan Pelatihan ini. Begitu juga dengan Panitia Penyelenggara dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan XLVIII di Kota Singkawang Tahun 2022 ini,” katanya.

Pelatihan Dasar ini merupakan awal dari pola karier. Selanjutnya akan terus berproses sesuai dinamika perkembangan pola dan jalur karier di masa depan.

“Perkembangan karir saudara kedepan tergantung seberapa besar kompetensi pengetahuan, keterampilan, keahlian dan sikap yang saudara miliki serta seberapa jauh Core Values ASN BerAKHLAK saudara aktualisasikan pada setiap kegiatan/pekerjaan saudara sehingga membawa manfaat bagi diri saudara, organisasi dan masyarakat (stakeholder),” ujarnya.

Ia berpesan untuk menjadikan nilai-nilai dasar profesi Pegawai Negeri Sipil sebagai budaya kerja di organisasi, sehingga nilai-nilai disiplin, jujur, mau bekerjasama, memiliki gagasan yang baik, inovatif, kreatif, bertanggung jawab, tegas, adil, menghargai pendapat orang lain, mau membantu orang lain dan selalu rendah hati, beretika mewarnai perilaku.

“Saya berharap Saudara-saudara CPNS yang sebentar lagi menjadi PNS mampu menjadi kekuatan yang bisa memperbaharui semangat kerja dan cara kerja kita dalam melayani masyarakat,” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik