Singkawang, MC –  Pansus DPRD Kabupaten Sintang melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kota Singkawang, Kamis (14/10/2021). Kunker dimaksudkan untuk melakukan konsultasi dan koordinasi terkait retribusi dan penanaman modal di Kota Singkawang.

Ketua Pansus DPRD Kabupaten Sintang Zulkarnaen mengatakan dipilihnya kota Singkawang sebagai tujuan kunjungan kali ini karena ingin menimba ilmu dari Pemerintah kota Singkawang. Ia menilai pengelolaan tempat wisata di Kota Singkawang yang memberikan retribusi telah berjalan baik.

“Kota Singkawang ini memang menjadi percontohan di Kalimantan Barat, khususnya dalam hal pengelolaan tempat-tempat wisata yang banyak memberikan retribusi di bidang pariwisata. Sementara, satu-satunya tempat wisata di Sintang adalah Bukit Kelam. Maka dari itu, kami Pansus DPRD Kabupaten Sintang berkunjung untuk mempelajari beberapa hal.” Kata Zulkarnaen.

Ia berharap melalui kunjungan ini nantinya dapat menerapkan pola-pola pengelolaan tempat wisata yang meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sintang melalui retribusi di bidang pariwisata. Hal inipun dimaksudkan agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Sintang dengan adanya peningkatan PAD Kabupaten Sintang.

“Harapan kami, retribusi di bidang rekreasi ini dapat meningkatkan PAD Kabupaten Sintang. Tentunya, dengan PAD yang meningkat, kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sintang juga tercapai.” ujarnya.

Sementara, Sekertaris Daerah kota Singkawang Sumastro menyambut baik kunjungan kerja Pansus DPRD Kabupaten Sintang. Ia berharap melalui kunjungan ini Pansus DPRD Kabupaten Sintang mendapatkan manfaat yang baik agar dapat meningkatkan PAD Kabupaten Sintang melalui retribusi di bidang pariwisata.

“Pemkot Singkawang memberikan gambaran kepada Pansus DPRD Kabupaten Sintang terkait investasi kota Singkawang dalam kurun waktu minimal 3 tahun ini. Mudah-mudahan, dapat diambil manfaatnya agar dapat meningkatkan PAD Kabupaten Sintang melalui retribusi di bidang pariwisata.” ujar Sumastro.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah kota Singkawang, Sumastro menjelaskan bahwa pihaknya memberikan saran dan masukan agar Pansus DPRD Kabupaten Sintang juga berkonsultasi langsung dengan perangkat daerah kota Singkawang terkait investasi di bidang wisata, lahan parkir, dan sebagainya.

“Misalnya terkait lahan parkir, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sintang bisa berkonsultasi langsung dengan Dishub kota Singkawang. Kemudian, hal-hal yang juga berkaitan dengan investasi lainnya di Kabupaten Sintang. Tentunya, kami siap membantu dalam memberikan gambaran, saran dan masukan yang dibutuhkan.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik