Singkawang, MC –Pengurus Perkumpulan Ikatan Seni Budaya dan Zikir Nazam (ISBZN) Kota Singkawang periode 2020 – 2025 resmi dikukuhakn. Pengukuhan dilakukan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (22/2/2022).

Tjhai Chui Mie memberikan ucapan selamat kepada para pengurus ISBZN Kota Singkawang yang baru saja dikukuhkan. Ia berharap kehadiran kepengurusan ISBZN Kota Singkawang dapat meningkatkan eksistensi dan peran bagi masyarakat melayu di masa-masa yang akan datang.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara mampu mengemban tugas dan peran dengan penuh amanah. Dengan terpilihnya sebagai pengurus tentu menjadi wujud penilaian positif atas kemampuan, wawasan, kepemimpinan dan pemahaman organisasi,” ujarnya.

Ia berpesan agar pengurus ISBZN Kota Singkawang dapat melestarikan kebudayaan dengan melakukan berbagai pelatihan dan acara kebudayaan, baik berupa ritual maupun hiburan. Ia juga mengimbau untuk melibatkan peranan generasi pemuda Melayu Kota Singakawang untuk turut andil dalam menjaga kelestarian kebudayaan Melayu agar tidak hilang ditelan zaman.

“Pada kesempatan ini, saya juga berpesan agar pengurus ISBZN Kota Singkawang dapat melestarikan kebudayaan dengan melakukan berbagai pelatihan dan acara kebudayaan, baik berupa ritual maupun hiburan. Sehingga, masyarakat melayu di Kota Singkawang pun masih menggunakan zikir nazam dalam acara keagamaan dan lain-lain sebagai bentuk kepedulian terhadap tradisi sendiri,” ujarnya.

“Selain itu, kita juga perlu mengjangkau dan melibatkan pemuda-pemudi Melayu Kota Singkawang untuk bersama-sama menjaga kelestarian kebudayaan Melayu. Karena, kehadiran mereka sangat diperlukan untuk terus menghadirkan budaya Melayu agar tidak hilang ditelan zaman sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke Kota Singkawang,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum ISBZNKota Singkawang Ashari Arhap mengatakan bahwa selama ini pengurus ISBZN Kota Singkawang sudah melaksanakan program kerja, seperti pembinaan kepada kelompok zikir nazam di tingkat Kelurahan.

“Selama ini pengurus ISBZN Kota Singkawang sudah melaksanakan program kerja, seperti pembinaan kepada kelompok zikir nazam di tingkat Kelurahan, baik melalui latihan secara khusus maupun pembinaan di Majelis Tarup Pernikahan setiap hari Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

“Kedepannya, Pengurus ISBZN Kota Singkawang akan mengadakan pertemuan di majelis pernikahan di Kota Singkawang, bersilahturahmi ke Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang, serta berkunjung  ke Kota Kuching atau Brunei untuk membangun jalinan komunikasi,” katanya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik