Singkawang, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan sosialisasi kampanye untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 di Hotel Mahkota Singkawang, Sabtu (21/09/2024).

Anggota KPU Kota Singkawang Ayu Gintari mengatakan tahapan pelaksanaan kampanye dimulai pada 25 September 2024.

“Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, tahapan kampanye dimulai pada 25 September 2024 sampai dengan 23 November 2024,” kata Ayu.

Ayu menjelaskan kampanye merupakan kegiatan untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, dan program calon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 kampanye ini dilaksanakan sebagai wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggung jawab,” jelasnya.

Ayu menyebutkan kampanye dapat dilaksanakan dengan beberapa metode-metode.

“Dapat dilaksanakan melalui pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, debat publik/debat terbuka antarpasangan calon, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga, iklan media massa cetak dan media massa elektronik, dan/atau kampanye lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujar Ayu.

Ayu menyebut,  saat ini tengah dirampungkan Peraturan KPU (PKPU) tentang kampanye dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Nanti setelah PKPU rampung, ini akan menjadi dasar pelaksanaan kampanye Pilkada serentak 2024,” kata Ayu.

Kegiatan Rakor dan sosialisasi dibuka oleh Ketua KPU Kota Singkawang Khairul Abror, dengan menghadirkan narasumber antara lain Bawaslu, Polres dan Satpol PP Singkawang.

Peserta Rakor dan sosialisasi terdiri dari Forkopimda, OPD terkait, Ketua Perguruan Tinggi, Penghubung Tim Bakal Calon, Ketua Partai Politik peserta Pemilu, lembaga pemantau, dan awak media.

Bid. IKP/Kominfo