Singkawang, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang pada Senin malam (9/1/2023) di ruang Penjabat (Pj) Wali Kota Sumastro.

Koordinasi dalam rangka dukungan fasilitasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pembentukan badan ad hoc penyelenggara Pemilu 2024.

“Koordinasi ini dalam rangka menindaklanjuti Surat KPU RI Nomor 1164 dan Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 900 berkenaan dukungan dan fasilitasi pemerintah daerah dalam tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Dalam hal ini, kami menyampaikan sejumlah nama calon sekretaris dan staf sekretariat PPK di lima kecamatan,” kata Ketua KPU Singkawang, Riko.

Sebagaimana diketahui, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 di Kota Singkawang telah terbentuk pada 4 Januari 2023 lalu. Selanjutnya pembentukan sekretariat PPK.

“Berdasarkan PKPU 8 Tahun 2022, pembentukan sekretariat PPK dilakukan paling lambat 7 hari setelah setelah pengambilan sumpah/janji anggota PPK. PPK melalui KPU Kabupaten/Kota mengusulkan dan merekomendasikan paling banyak 3 calon sekretaris PPK dan paling banyak 4 calon staf sekretariat PPK,” ujarnya.

Riko melanjutkan usulan dan rekomendasi tersebut disampaikan kepada Pj Wali Kota untuk ditetapkan dalam keputusan.

“Usulan dan rekomendasi itu kemudian dipilih dan ditetapkan 1 sekretaris PPK dan 2 staf sekretariat PPK. Kami KPU juga akan menetapkan keputusan sebagai dasar penugasan bagi sekretaris dan staf sekretariat PPK selama masa tahapan Pemilu, sebagaiman diatur dalam regulasi KPU,” jelas Riko.

“Sekretariat PPK dibentuk untuk membantu PPK menyelenggarakan Pemilu atau Pemilihan di tingkat kecamatan,” timpal Riko.

Pada Surat KPU RI dan Surat Kemendagri, sekretariat PPK dibentuk paling lambat 10 Januari 2023. Pembentukan sekretariat PPK ini di Kecamatan Singkawang Barat, Singkawang Tengah, Singkawang Selatan, Singkawang Timur, dan Singkawang Utara.

Sementara, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro menyambut baik koordinasi KPU Kota Singkawang. Pihaknya siap mendukung dan memfasilitasi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024, sebagaimana termaktub dalam surat dari Kementerian Dalam Negeri.

“Atas usulan dan rekomendasi nama-nama calon sekretaris dan staf sekretariat PPK, sesegera mungkin akan kami tindaklanjuti,” ujarnya.

Pada koordinasi itu, Pj Wali Kota Sumastro didamping Plh Sekda Asyir A Bakar dan Plt Kepala Badan Kesbangpol Bujang Sukri.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik