Singkawang, MC – KPU Kota Singkawang berencana melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Singkawang.

Ketua KPU Kota Singkawang Khairul Abror membeberkan, dua TPS yang berpotensi di-PSU yakni di TPS 004 di Kelurahan Kuala dan TPS 076 di Kelurahan Sedau.

“Ada dua TPS yang berpotensi dilaksanakan PSU. TPS 004 di Kelurahan Kuala, Kecamatan Singkawang Barat dan TPS 076 di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan,” ungkap Khairul Abror, Senin (19/2/2024).

Potensi PSU ini berdasarkan hasil penelitian dan pengawasan Pengawas TPS (PTPS) terhadap keadaan yang menyebabkan dilakukannya PSU, yang kemudian disampaikan ke KPPS bersangkutan.

“Hasil penelitian dan pengawasan sudah diterima oleh KPPS. Selanjutnya KPPS mengusulkan dengan menjelaskan penyebab dilakukannya PSU. Atas usul KPPS ini, kami melakukan rapat untuk membuat surat keputusan bahwa benar akan dilaksanakan PSU di TPS terkait,” ujarnya.

“Sebelumnya kami juga sudah menerima rekomendasi dari Bawaslu Kota Singkawang terkait PSU. Namun, atas penjelasan penyebab keadaan untuk dilakukan PSU, maka dasar kami untuk mengeluarkan surat keputusan adalah usul dari KPPS yang diteruskan ke PPK. Ini merujuk Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, Peraturan KPU Nomor 25 Tahun 2023, dan Keputusan KPU Nomor 66 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan KPU Nomor 216,” lanjutnya.

Khairul Abror mengungkapkan pihaknya telah memonitoring ke TPS yang berpotensi PSU sejak Rabu 14 Februari kemarin saat rapat penghitungan suara.”Sementara kejadiannya saat proses pemungutan suara,” katanya.

“Penyebabnya itu terjadi saat pemungutan, dan baru kami ketahui saat penghitungan di mana informasi dari KPPS, bahwa PTPS menemukan pemilih ber-KTP-el Jakarta namun tidak terdaftar di dalam DPT dan DPTb. Daftar sebagai pemilih khusus pada pukul 12-an, dan diberikan hak memilih oleh KPPS masing-masing satu surat suara untuk jenis Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP),” jelas Khairul Abror.

Lebih lanjut, Khairul Abror mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Kalimantan Barat. Selanjutnya, KPU Kota Singkawang akan melaksanakan rapat untuk memutuskan pelaksanaan PSU.

“Surat Keputusan akan kami sampaikan ke KPU melalui KPU Provinsi Kalimantan Barat. Di dalam surat keputusan yang baru saja kami putuskan dalam rapat pleno, PSU dijadwalkan pada Rabu, 21 Februari 2024,” kata Khairul Abror.

Bid. IKP