Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang menggelar Apel peringatan Hari Ulang Tahun ke-52 Korpri tahun 2023 di halaman Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (29/11/2023).

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Singkawang Aulia Candra selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional mengatakan momentum peringatan HUT Korpri harus dijadikan sebagai upaya untuk meneguhkan Korpri sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN.

“Pada hari ini, Korpri kembali memperingati ulang tahun yang ke-52. Untuk itu, marilah kita jadikan sebagai upaya untuk meneguhkan Korpri sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN.” ucapnya.

Aulia Candra menyampaikan telah banyak program-program hasil kerja optimal dari seluruh ASN, diantaranya melahirkan program-program terobosan dan reformasi struktural yang telah berdampak positif ke masyarakat luas.

Melalui sambutan tersebut, Aulia menyebutkan peran aktif para ASN anggota Korpri juga turut hadir dalam mengendalikan inflasi dan penanganan stunting.

“Inflasi terus kita kendalikan dan stunting secara bertahap dapat kita turunkan dan insya allah tahun 2024 sudah sesuai target dapat mencapai 14% atau bahkan kurang dari itu.” tuturnya.

Ia menjelaskan, saat ini terjadi perubahan yang sangat cepat dalam birokrasi Pemerintahan yang harus disikapi dengan baik oleh Korpri yaitu karena perkembangan teknologi dan karena perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat.

Penerapan sistem meritokrasi dalam birokrasi juga sangat penting agar birokrasi Indonesia menjadi semakin baik, sambungnya.

“Kita  tidak  bisa  lagi  menggerakan  pemerintahan  dengan cara-cara  lama.  Kita tidak  boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Kita harus menyelesaikan masalah yang ada saat ini dengan pendekatan yang paling update.” jelasnya.

“Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam. masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat. Layanan saat ini udah harus bisa diakses secara online, cepat dan tepat. Untuk itu, saya minta Korpri mampu membaca dan menjawab perubahan ini guna mengembangkan birokrasi Indonesia yang betul-betul mampu menjadi motor penggerak menuju Indonesia emas 2045.” tambahnya.

Terakhir Ia berpesan agar seluruh anggota Korpri mampu menjawab segala tantangan dengan memperkuat kompetensi diri dan kompetensi digital sehingga dapat membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu mengutamakan kebutuhan warga masyarakat.

“Sekali lagi perkenankan saya mengapresiasi dan berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian 4,4 juta para ASN dan seluruh keluarga besar Korpri. Semoga kita selalu diberikan bimbingan dalam mengemban amanah demi kemajuan bangsa dan negara. Korpri Maju Terus.” tutupnya.

Bid. IKP