Singkawang, MC – Memasuki minggu kedua Singkawang telah berada di zona kuning covid 19 yang artinya dalam zona resiko rendah.

Meski demikian, bukan berarti lalai bahkan mengabaikan menjalankan protokol kesehatan di setiap aktivitas. 

Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Ahyadi mengungkapkan pihaknya hingga kini semakin gencar mensosialisasikan protokol kesehatan. 

“Bahan sosialisasi mulai dari penyebaran brosur, pemasangan baleho hingga melalui media sosial milik Dinas Kominfo,” ungkap Ahyadi, Kamis (29/10/2020).

Menurutnya, Dinas Kominfo harus kreatif menciptakan konten sosialisasi protokol kesehatan yang mudah dipahami masyarakat. Sebab, pola komunikasi yang efektif akan membantu percepatan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sasaran sosialisasi di tempat keramaian mulai dari pasar, pelaku usaha cafe, restoran dan juga tempat wisata.

“Apalagi saat ini sudah ada Perwako yang mengatur penagakan disiplin protokol kesehatan. Artinya ada sanksi yang diberikan apabila masyarakat yang tidak disiplin,” katanya.

Selain itu, kata Ahyadi, sosialisasai protokol kesehatan juga gencar dilakukan tim gabungan TNI, Polri dan Satpol PP. “Tim gabungan ini setiap hari melakukan patroli di tempat keramaian,” katanya.

Ia berharap masyarakat dapat memahami dan mematuhi protokol kesehatan tersebut. 

“Semua untuk kepentingan bersama. Upaya memutus mata rantai Covid-19 hanya mungkin dilakukan apabila masyarakat melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin dan berkelanjutan,” ujarnya.