Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang kembali menjalin kesepakatan kerja sama dengan perbankan untuk semakin mendorong kemudahan dalam pembayaran pajak daerah.

Kerja sama kali ini dengan BRI Cabang Singkawang yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh Pj Wali bersama Kepala Kantor Cabang BRI, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah di Ruang Rapat Wali Kota, Jumat (6/9/2024).

“Ini adalah bagian dari sebuah determinasi Pemkot Singkawang, untuk terus mendorong literasi keuangan elektronik dan memang bagian dari transformasi yang terus menerus kita gaungkan,” ucap Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro.

Sumastro meyakini, BRI Singkawang mampu menjadi mitra yang bisa diandalkan dalam mendukung terciptanya tertib pembayaran pajak di Kota Singkawang.

Ia pun berharap dari kesepakatan kerja sama ini dapat bermanfaat untuk memudahkan pelayanan perpajakan bagi masyarakat.

“Saya senang kita bisa masuk ke dalam kesepakatan bersama ini, semoga bermanfaat untuk melayani masyarakat. Hal-hal lain mungkin ke depan dapat kita kemas dan kita kolaborasikan lagi secara positif lebih lanjut nantinya,” tutup Sumastro.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bapenda Kota Singkawang Parlinggoman menjelaskan, ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan publik, khususnya dalam pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan yang modern dan efisien.

Parlinggoman menambahkan, perjanjian kerja sama ini mencakup layanan penerimaan pembayaran pajak daerah secara online. Melalui dukungan dari BRI, masyarakat Kota Singkawang akan lebih mudah dalam melakukan kewajiban perpajakan.

“Dengan ini semoga dapat meningkatkan kepatuhan pajak, mempercepat proses pembayaran, serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” imbuhnya.

Kerjasama ini diharapkan tidak hanya meningkatkan efisiensi proses pembayaran pajak, tetapi juga mendukung peningkatan PAD yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang.

“Terima kasih kepada PT. Bank BRI yang telah bersedia bekerja sama dengan Pemerintah Kota Singkawang. Kami sangat menghargai dukungan dan kontribusi yang diberikan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan kemudahan pembayaran pajak daerah. Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BRI Singkawang, Muhammad Arsyad Farmadi menyatakan, bersamaan dengan kesepakatan ini, Bank BRI Singkawang telah senantiasa berupaya menggerakkan masyarakat ke arah pembayaran berbasis digital.

“Karena memang masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan pembayaran digital, semoga ini langkah awal bagi masyarakat Singkawang untuk ke arah sana,” tutur Arsyad.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang, karena telah mempercayakan BRI untuk menjadi partner kerja sama penerimaan pembayaran pajak daerah ini.

BRI Singkawang akan selalu membuka peluang kerja sama jika memang diperlukan produk-produk perbankan lainnya. Lanjutnya.

“PT BRI Singkawang merasa sangat terhormat karena dipilih oleh Pemkot Singkawang untuk menjadi partner kerja sama penerimaan pembayaran pajak daerah dengan sistem online. Semoga ke depannya ada produk-produk lain yang bisa dikerjasamakan,” pungkasnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo