Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang membuka Kejuaraan Renang Kapolres Cup di Kolam Renang Batalyon Raider 641 / Beruang, Sabtu (24/6/2023). Kejuaraan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juni 2023.

Kejuaraan yang diselenggarakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77, diikuti oleh 177 Atlet yang berasal dari 11 klub renang se Kalbar dan 24 Instansi baik TNI/Polri maupun sekolah – sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA / sederajat.

Terdapat 12 nomor dalam kejuaraan tersebut, gaya bebas, estafet, gaya dada, dan gaya punggung masing-masing 3 nomor. Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa 78 set medali (emas, perak, perunggu) dan akan memperebutkan Piala Kapolres serta Piala Tetap Best Winner masing – masing nomor yang dipertandingkan.

“Salam olah raga,” sapa Pj. Wali Kota Sumastro.

Melalui kejuaraan ini, Ia berharap kedepan, para atlet renang muda Singkawang dapat mengukir prestasi hingga ke tingkat nasional. Ia mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mendorong putra-putrinya untuk rajin berolah raga.

“Semoga melalui kejuaraan ini, atlet renang muda kita dapat mengukir prestasi hingga ke tingkat nasional,” harapnya.

“Terima kasih kepada orang tua yang telah mendorong putra-putrinya untuk rajin berolah raga,” ucapnya.

Karena dengan masyarakat yang gemar olah raga, menjaga stamina dan memiliki tingkat kesehatan yang baik, Ia kedepannya Singkawang akan berkembang menjadi kota yang maju.

“Kota kita ini akan maju apabila masyarakatnya rajin berolah raga, menjaga stamina, dan memiliki tingkat kesehatan yang baik,” ujarnya.

Melihat fasilitas olah raga renang yang semakin baik serta panorama indah di sekitar lokasi kejuaraan, Sumastro menilai, kedepannya Singkawang bisa menyelenggarakan event olah raga bertaraf nasional.

“Melihat fasilitas di sini dan panoramanya yang indah begini, bisa jadi modal kekuatan kita untuk menyelenggarakan event olah raga bertaraf nasional,” menurutnya.

Untuk meningkatkan pola latihan atlet, Pj. Wali Kota meminta ketua Koni Singkawang, melakukan Coaching Clinic dengan mengundang atlet Indonesia bertaraf internasional, agar atlet memiliki pola latihan yang lebih terukur dan sesuai standar.

“Kalau bisa ketua Koni agendakan, untuk mengadakan Coaching Clinic dengan mengundang atlet kita yang bertaraf internasional, agar mereka memiliki pola latihan yang terukur dan sesuai standar,” mintanya.

Sementara itu, Wakapolres Singkawang, Kompol Indra Asrianto mengatakan, kejuaraan ini ditujukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan, mempererat tali silaturahmi, saling kenal satu dengan yang lain antar perenang, dan juga mencari bibit perenang muda yang bisa berprestasi lebih tinggi ke depannya, serta meningkatkan olahraga renang di Kota Singkawang dan juga provinsi Kalimantan Barat.

Agar pertandingan berlangsung secara fair play, pihak panitia menghadirkan 22 juri bersertifikat nasional.

Bid. IKP