Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang mulai memperkenalkan menggunakan sepeda ke tempat kerja (Bike to Work) di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN.

“Ini merupakan kampanye hemat bahan bakar minyak (BBM), mengurangi polusi akibat pengguaan kendaraan bermotor dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro, Rabu (7/9/2022).

Sumastro mengatakan khusus ASN dan Non ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Singkawang akan memulai menggunakan sepeda ke tempat kerja pada Hari Kamis 8 September 2022.

“Saya imbau kepada seluruh ASN dan Non ASN di lingkungan Setda untuk menggunakan sepeda ke tempat kerja dimulai besok (Kamis.red),” ujarnya.

Kemudian, kata Sekda, pada minggu selanjutnya, Bike to Work di lingkungan Setda dilaksanakan setiap Hari Selasa. “Check Point berada di depan pintu masuk kantor Wali Kota Singkawang (Pos Satpol PP) pukul 06.30-07.30 Wib,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum melaksanakan Bike to Work, setiap ASN dan Non ASN harus memastikan kondisi tubuhnya dalam dalam keadaan sehat dan jarak antara rumah ke tempat kerja (kantor Wali Kota) maksimal 10 kilometer. “Pastikan Kondisi ASN/Non ASN sehat jasmani dan rohani, dan jarak rumah ke tempat kerja maksimal 10 kilometer,” katanya.

Ia berkeinginan memasyarakatkan menggunakan sepeda ke tempat kerja, khususnya bagi ASN dan Non ASN di lingkungan Pemkot Singkawang yang pelaksanaanya diserahkan kepada OPD masing-masing.

“Yang penting ada upaya kita untuk menggunakan kendaraan Non Motoris. Supaya kita segar, udara bersih, tidak polusi dan hemat energy,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik