Singkawang, MC – SMK Negeri 3 Kota Singkawang menggelar Job Fair dan Education Expo tahun 2023 sebagai upaya penyaluran siswa ke dunia kerja dengan menampilkan bidang program keahlian diantaranya Usaha Layanan Pariwisata, Perhotelan, Kuliner, Busana dan Pengembangan Perangkat Lunak.

Job Fair dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 28-29 November 2023 di Halaman SMK Negeri 3 Singkawang dan terbuka untuk umum. Job Fair ini menggaet kerjasama dengan lebih dari 20 dunia usaha di Kota Singkawang.

Dibuka langsung oleh perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebuyaaan Provinsi Kalimantan Barat, Fransiska Dwi Mayasari mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang bermanfaat ini. Ia menyampaikan kegiatan ini sebagai wadah mempersiapkan tenaga kerja dari lulusan SMK sehingga mempunyai kompetensi menghadapi dunia kerja.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana SMK dapat mempersiapkan tenaga kerja dan lulusan untuk mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja usaha dan industri.” Ungkap Fransiska (28/11/2023).

Fransiska menegaskan, Sekolah harus memiliki data telusur setiap alumni dan data minat bagi siswa yang akan lulus sekolah sehingga siswa dapat terpantau guna memudahkan penyaluran lowongan pekerjaan.

“Pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk mengantarkan lulusan agar dapat bekerja sesuai bakat dan minatnya. Untuk meningkatkan kualitas lulusan, kita harus mempunyai link dan merge. Artinya ada keselarasan antara sekolah, dunia kerja maupun dunia industri.” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Singkawang Gunanto mengatakan adanya Job Fair ini memberikan kesempatan dunia usaha dan dunia pendidikan saling bertemu dalam satu forum untuk saling bermitra dalam penyediaan lapangan pekerjaan maupun SDM.

Ia menambahkan, Perusahaan dapat menemukan bakat potensial di kalangan siswa SMK yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sementara itu, sekolah mampu untuk menghubungkan lulusan mereka dengan peluang pekerjaan langsung melalui partisipasi perusahaan-perusahaan dalam acara tersebut.

“Kemampuan keterserapan lulusan SMK menjadi tolak ukur pendidikan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan minat dan calon lulusan nantinya. Semoga Job Fair dan Education EXPO ini dapat berpengaruh besar dalam peningkatan kualitas pendidikan SMK 3 Singkawang yang dapat terserap di dunia kerja dan industri.” tutupnya.

Bid. IKP