Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan fisik jaringan listrik untuk daerah mantoman dan mencong di Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur pada akhir 2021 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Singkawang, Petrus Yudha Sasmita mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari pusat.

“Pembangunan fisik jaringan listrik sudah selesai, kami masih menunggu SLO dari pusat,” ujar Yudha, Senin (17/1/2022).

Ia mengatakan SLO ini merupakan bukti bahwa suatu instalasi listrik sudah memenuhi persyaratan untuk beroperasi atau sudah layak diberi tegangan listrik.

Menurutnya, apabila SLO untuk jaringan listrik Mantoman dan Mencong tersebut telah didapatkan, barulan PLN dapat mengalirkan listrik. “Setelah melalui mekanisme serah terima dan terjalinnya kerjasama antara PLN dan Pemerintah Kota Singkawang,” katanya.

Sambil menunggu keluarnya SLO tersebut, pihaknya, kata Yudha tengah membersihkan obstacle yang berpotensi mengganggu jaringan listrik baru tersebut.

Untuk diketahui, pembangunan jaringan listrik ini Dishub Singkawang menggunakan sebanyak 94 tiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) dan 27 tiang Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR). Sementara untuk biaya yang dikeluarkan pada pembanguna jaringan listrik ini berjumlah sekitar Rp. 2,5 miliar. Dimana dana tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Singkawang tahun 2021.

“Setelah seluruh proses pembangunan jaringan listrik ini selesai, aset jaringan listrik tersebut akan diserahkan kepada PLN, sehingga perawatan dan pemeliharaan akan menjadi kewenangan PLN,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik