Singkawang, MC – TPQ Nurhidayah menggelar Wisuda dan Khatamil Quran Ke 10 tahun 2022 di SD Negeri 89 Singkawang Utara, Selasa (05/07/2022).  Kegiatan turut dihadiri Wakil Wali Kota Singkawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, Kapolsek Singkawang Utara, Perwakilan Camat Singkawang Utara, Lurah Setapuk Besar, serta para orang tua dan wali santri.

Wakil Wali Kota Irwan mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini serta mengucapkan selamat kepada anak-anak yang telah berhasil diwisuda.

“Saya mewakili Pemerintah Kota Singkawang sangat berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan islami seperti ini dapat selalu dipertahankan dan dikembangkan.” tuturnya.

Ia menyebutkan kegiatan ini sebagai bentuk upaya mendorong anak-anak pada generasi sekarang untuk selalu mendalami dan mencintai Alquran sejak usia dini.

“Dengan adanya wisuda ini anak-anak harus didorong terus untuk selalu mendalami Al-Qur’an, mencintai Al-Qur’an, dan kemudian membumikan Alquran. Agar tidak hanya berguna bagi diri sendiri namun juga bagi masyarakat banyak,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga berpesan dalam proses pembentukan anak-anak usia dini untuk dapat dekat dengan Alquran tidaklah luput dari peran orang tua sebagai wadah pendidikan yang paling pertama.

“Anak-anak ini sedang dalam usia emas, sebagai orang tua harus betul-betul dalam memberikan contoh dan didikan serta motivasi kepada mereka. Jauhkan dari penggunaan kata-kata kasar, karena masa depan anak-anak tergantung dari cara, perkataan, pikiran dan do’a-do’a bapak/ibu sekalian,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kemenag Kota Singkawang Mukhlis menyampaikan rasa syukur dan bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan seperti ini telah menjadi suatu kegiatan turun-temurun yang harus selalu dilestarikan.

“Kebudayaan ini, adat istiadat ini harus terus dilestarikan. Bukan hanya di acara seperti ini tetapi juga kembali disertakan pada saat acara khitanan dan pernikahan,” katanya.

Ia berpesan kepada anak-anak yang telah berhasil diwisuda agar selalu konsisten dalam membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dikehidupan sehari-hari.

“Untuk anak-anak, setelah wisuda, semoga bacaan Alqurannya terus berlanjut, terus sampai dewasa, sampai akhir usia,” pintanya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik