Singkawang, MC – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Singkawang bersama sejumlah Mahasiswa dan Pelajar mengikuti Upacara HUT PMI ke-79 di halaman kantor PMI Singkawang, Kamis (19/9/2024).

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro selaku Inspektur Upacara mengenang sajarah PMI yang lahir untuk menghadapi persoalan dan kondisi bangsa dari sejak awal kemerdekaan.

Dengan semangat gotong royong dan misi kemanusiaan, Sumastro sebut PMI sebagi garda terdepan dan selalu hadir di setiap bencana, membantu meringankan derita masyarakat tanpa memandang suku, agama, ras dan golongan (SARA).

“Kita tahu bahwa PMI lahir dari satu tuntutan keadaan masa lalu yang memang dihadapkan pada berbagai persoalan dan kondisi bangsa dari awal kemerdekaan,” kenang Sumastro.

“Melalui PMI kita bisa berikan sentuhan kemanusiaan dan bergotong royong sehingga segala hal terkait bencana alam dan pertolongan kemanusiaan, PMI selalu hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan,” sebutnya.

“Semuanya dilakukan PMI tanpa melihat suku, agama, ras dan golongan,” imbuhnya.

Peserta upacara yang didominasi mahasiswa dan pelajar, dinilai Sumastro sebagai angin segar bagi kemajuan PMI di masa depan.

“Penggalangan remaja dalam gerakan PMI ini jadi bagian program berkelanjutan di generasi berikutnya, mereka adalah aset kita untuk memajukan PMI di masa depan,” ujarnya.

Untuk itu, Ia berharap pihak sekolah aktif mendorong eksistensi Palang Merah Remaja (PMR).

“Saya harap pihak sekolah dapat mendorong dan meningkatkan perhatiannya di dalam aktivitas PMR yang pembinaannya melalui PMI,” harapnya.

Demi tingkatkan pelayanan, Wali Kota meminta jajaran dan pengurus PMI perkuat kerja sama dan kolaborasi dengan Pemkot Singkawang serta stakeholder terkait.

“Di HUT kali ini, saya ingin jajaran/pengurus PMI bisa perkuat kerja sama dan kolaborasi dengan stakeholder terkait termasuk Pemkot Singkawang, agar meningkat kinerja dan pelayanannya,” ungkap Sumastro.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PMI Singkawang, Yusnita Fitriadi mengajak seluruh masyarakat aktif mendonorkan darahnya di PMI.

Bukan hanya sebatas membantu mereka yang membutuhkan transfusi darah, Yusnita mengatakan donor darah juga baik bagi kesehatan si pendonor.

“Yuk warga Singkawang, mari kita bersama-sama mendonorkan darah, karena donor darah itu sangat baik bagi kesehatan selain juga bisa membantu kemanusiaan,” kata Yusnita.

Selain diperingati dengan kegiatan upacara dan donor darah, Ketua PMI menyampaikan agenda penting lainnya di HUT PMI kali ini adalah membersihkan pantai dan sejumlah giat sosial lainnya.

“Kegiatan utama kita juga membersihkan pantai serta kegiatan sosial lainnya sehingga PMI bisa semakin eksis dan bermanfaat bagi warga Singkawang,” ujarnya. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo