Singkawang, MC – Dalam rangka memperingati HUT Pemprov Kalbar ke 65, TP PKK Kota Singkawang menggelar kegitan penanaman sejuta pohon di lapangan parkir Stadion Kridasana Singkawang, Jumat (21/1/2022). Kegiatan ini juga turut dilaksanakan secara serentak se-Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.

Ketua TP PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan penanaman pohon yang dilakukan serentak di Kalimantan Barat. Ia percaya kehadiran pohon-pohon ini nantinya akan bermanfaat untuk memberikan keindahan, keseimbangan ekosistem dan sedikit mengurangi dampak efek rumah kaca (global warming).

“Kita semua pernah mempelajari dan mengetahui tentang efek rumah kaca yang berakibat pada menipisnya lapisan ozon. Kita juga bisa merasakan dampak dari efek rumah kaca dimana panas matahari terperangkap oleh atmosfer bumi, sehingga suhu panas ini kita rasakan  Mudah-mudahan, kegiatan menanam pohon dengan hati yang dilakukan secara serentak se-Kalimantan Barat ini bisa memberikan sedikit manfaat, supaya kita bisa terus menikmati keindahan alam dan hari-hari yang sejuk,” ujarnya.

Sebanyak 300 pohon ditanam dan disebar di seluruh Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Singkawang. Salah satu lokasi dilakukannya penanaman pohon-pohon ini adalah lapangan parkir Stadion Kridasana sebanyak 14 pohon. Adapun jenis-jenis pohon yang ditanam adalah Pohon Tabebuya (Terompet Kuning), Pohon Mahoni, Pohon Jengkol dan Pohon Petai.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan yang ikut serta dalam kegiatan mengatakan pohon sebagai salah mahluk hidup yang juga memberikan manfaat pada tatanan ekosistem.

“Anggaplah pohon-pohon yang kita tanam bersama-sama pada hari ini sebagai subjek. Karena suatu hari nanti, pohon-pohon ini akan bermanfaat bagi setiap organisme yang bergantung kepadanya,” katanya.

Selain mempercantik Kota Singkawang, Pohon-pohon akan memberikan manfaat yang baik bagi alam, hewan hingga manusia dalam hubungan timbal balik antar mahluk hidup yang tidak terpisahkan.

“Maka dari itu, saya mengajak kita semua untuk bersama tanam pohon dengan hati.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik