Home Visit dan penyeran bantuan kepada lansia, Kamis (13/6/2024). Foto : Prokopim Skw

Singkawang, MC – Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kota Singkawang melaksanakan Home Visit Lansia dan penyerahan bantuan yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan lansia di Jalan R. A. Kartini Gg. Sukun Kelurahan Sekip Lama, Singkawang Tengah, Kamis (13/6/2024).

Bantuan berupa bahan makanan pokok, makanan tambahan dan peralatan mandi diserahkan langsung Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro kepada dua lansia bernama Bulyani (71) dan Kasinan (70).

Selain itu, Dinsos PPPA Singkawang juga memberikan bantuan pembuatan Kartu BPJS Kesehatan kepada salah satu lansia agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Pj. Wali Kota menyatakan kegiatan Home Visit sebagai bentuk upaya Pemerintah Kota Singkawang memberikan perhatian bagi lansia.

“Lansia ini bagian dari anggota masyarakat kita, melalui kegiatan Home Visit inilah kita berikhtiar memberikan perhatian kepada mereka,” ucap Pj. Wali Kota.

Sumastro kagum dengan semangat lansia yang masih produktif mencari nafkah bagi keluarganya meski sudah berusia senja, dan ia juga mengingatkan untuk menjaga kesehatan.

“Walaupun usia nya sudah 70 tahun beliau ini masih produktif, mampu mengayuh becak  untuk menafkahi keluarganya, dan kita harap bapak tetap jaga kesehatan,” ungkap Sumastro.

Melihat ekspresi bahagia lansia, Pj Wali Kota berkomitmen untuk selalu memberikan perhatiannya pada program-program berbasis kemanusiaan.

“Kami sebagai pemerintah akan selalu memperhatikan bapak sekalian sesuai program yang ada, dan kami berbahagia juga bisa berbuat baik kepada lansia,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinsos PPPA Singkawang, Sutiyarto menjelaskan lima program bantuan lansia baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sutiyarto merincikan jumlah lansia kota Singkawang yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui PKH sebanyak 2.771 jiwa, bantuan dari Pemprov Kalbar untuk 3 panti werda (jompo) sebanyak 85 jiwa dan bantuan dari donatur pada hari lansia sebanyak 300 jiwa.

Serta dua bantuan langsung dari Pemkot Singkawang yaitu bantuan makanan diluar panti bagi 50 jiwa selama lima bulan dan Home Visit untuk 20 jiwa.

“Kita ada program PKH dari APBN untuk warga Singkawang sebanyak 2771 jiwa, kalau Pemprov Kalbar ada namanya bantuan tiga panti werda (jompo) yaitu panti werda netizen, sijangkung dan menggapai asa, pas kemarin di hari lansia nasional kita juga ada bantuan bagi 300 lansia yang bersumber dari donatur,” jelas Sutiyarto.

“Sedangkan dari APBD Kota Singkawang itu bantuannya ada makan diluar panti selama 5 bulan untuk 50 lansia dan Home Visit ini untuk 20 jiwa diberikan setahun sekali,” ujarnya.(Gun)

Bid. IKP/Kominfo