Singkawang, MC – Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Singkawang, Juli Wahyuni bersama-sama dengan pengurusnya serta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Singkawang Selatan melakukan pembinaan program dan kegiatan halaman asri, teratur, indah dan nyaman (HATINYA) PKK di Kampung Mesen Kelurahan Sedau Singkawang Selatan, Minggu (6/10/2019).

Hadir pula mengikuti kegiatan seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan se Kecamatan Singkawang Selatan.

Juli mengatakan dengan adanya program kota tanpa kumuh (Kotaku) dan disambut dengan program menghias kampung oleh Forum Mahasiswa Singkawang sehingga menjadi Kampung Mesen atau Kampung Berhias, Ia berharap agar seluruh masyarakat di Kampung itu bisa menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkannya dengan menanami tanam-tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Kampung kita kan sudah cantik, makanya harus dijaga dirawat dan dipertahankan serta ditingkatkan terus. Caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan menerapkan program PKK yaitu HATINYA PKK,” kata Juli.

Dengan memanfaatkan halaman pekarangan selain bisa meningkatkan derajat kesehatan dan perekonomian juga bisa menambah keindahan bagi lingkungan kampung Mesen tersebut. 

“Kalau masyarakat bisa semua menanam sayur dan buah, tentunya selain akan hemat dalam belanja,  kebutuhan akan sayur dan buah terpenuhi dengan lebih sehat. Ikan laut sudah berlimpah, produksi terasi juga akan laris kalau dalam pengolahan di tempat lingkungannya yang higienis,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Juii juga melakukan pembinaan dengan memberi arahan kepada para ketua dan pengurus TP PKK Kecamatan Singkawang Selatan dan Kelurahan.

“Saya berharap agar selalu dipantau dan dibina, serta dimediasi kalau ada kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Kondisi lingkungan yang sering banjir agar disiasati dengan memanfaatkan kayu- kayu bekas untuk dibuat rak dan sayur mayur serta tanaman bumbu dalam pot dapat diletakkan di atas rak tersebut,” ungkap Juli usai melakukan penanaman dan keliling kampung mesen.