Singkawang, MC – Wakil Wali Kota Singkawang membuka Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Balairung, Rabu (27/7/2022). Kegiatan ini mengangkat tema “Jaga Kesehatan Dengan Penerapan GERMAS dan Vaksinasi Covid-19” digagas oleh Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Pontianak bersama Anggota Komisi IX DPR RI dan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan sosialisasi GERMAS yang mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Ia berharap gerakan ini memberikan dampak positif pada pembangunan masyarakat yang berkualitas, khususnya di Kota Singkawang.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang, saya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi mitra-mitra kerja pemerintah dalam menginisiasi kegiatan sosialisasi GERMAS dari Poltekkes Kemenkes Pontianak. Saya berharap GERMAS ini memberikan dampak positif pada pembangunan masyarakat yang berkualitas, khususnya di Kota Singkawang,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Irwan pun mengajak partisipasi masyarakat Kota Singkawang untuk menyukseskan GERMAS ini. Ia menilai kesuksesan penerapan GERMAS ini akan menjadi tolak ukur kemasyarakatan yang berkelanjutan.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kota Singkawang. Ayo, kita terapkan pola hidup sehat. Manfaatnya tidak hanya untuk masyarakat di jaman sekarang saja, tetapi juga untuk kepentingan anak-cucu kita di masa mendatang sehingga terus berkelanjutan,” imbaunya.

Sementara Direktur Poltekkes Kemenkes Didik Haryadi mengatakan GERMAS merupakan upaya pembangunan kesehatan yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat sehari – hari.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang tinggi. Setidaknya, 7 (tujuh) langkah GERMAS dapat menjadi panduan penting dalam membiasakan pola hidup yang lebih sehat,” ujarnya.

Adapun, langkah-langkah GERMAS yang dimaksud seperti melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga, mengkonsumsi buah dan sayuran bergizi, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

“Kemudian pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik