Singkawang, MC – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Singkawang kembali menyediakan 1.500 Paket Bahan Pokok pada Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan di Kecamatan Singkawang Tengah, Kamis (12/9/2024).

Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DPKPP, Nispuhani mengatakan untuk GPM kali ini menyediakan sebanyak 7.500 Kg Beras, 3.000 Kg Gula Pasir dan 3000 Liter Minyak Goreng. Yang mana per paketnya masyarakat hanya perlu membeli dengan harga Rp103 ribu, terdiri dari beras premium 5kg, gula pasir premium 2kg dan minyak goreng premium 2kg.

Menurut Nispuhani, selain untuk stabilisasi pasokan pangan serta pengendalian inflasi, GPM ini juga bertujuan memberikan akses kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan ketiga komoditi tersebut.

“GPM ini memberikan akses kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan komoditi bahan pangan dengan harga yang lebih murah. Artinya keterjangkauan harga pangan didekatkan ke masyarakat di tingkat kecamatan,” ungkapnya.

Nispuhani berharap, dengan subsidi yang dihadirkan Pemerintah Kota Singkawang dapat membantu meringankan beban pengeluaran masyarakat.

“Kami diamanahkan untuk melaksanakan GPM di kecamatan-kecamatan, dan hari ini di Singkawang Tengah. Namun adakalanya juga kami laksanakan di pusat kota. Harapannya GPM ini dapat bermanfaat dan membantu masyarakat, paling tidak dalam pemenuhan dua minggu ke depan,” ujarnya.

Sementara Camat Singkawang Tengah, Hasan Nasiruddin sangat mengharapkan agar GPM ini dapat terus dilaksanakan di Singkawang Tengah. Sehingga sedikit banyaknya dapat menjangkau sejumlah penduduk di wilayahnya.

“Kami harapkan, akan adalagi kedepannya GPM di Singkawang Tengah karena memang jumlah penduduk di enam kelurahan ini adalah yang terbesar di Kota Singkawang,” tuturnya.

Hasan menambahkan, pihaknya dengan DPKPP Kota Singkawang telah berkoordinasi terkait pelaksanaan GPM ini. sehingga dipindahkan ke halaman aula kantor camat guna mengakomodir parkir kendaraan masyarakat yang mengantri.

“Kita sudah atur bersama DPKPP untuk teknisnya agar diadakan di halaman aula belakang Kantor Camat, sehingga bisa mengakomodir parkir kendaraan warga dan tidak mengganggu lalu lintas di jalan Pahlawan,” jelasnya.

Hasan pun mengimbau, agar masyarakat dapat mengikuti kegiatan dengan baik, dan senantiasa tertib dalam mengantri.

“Harapan bagi masyarakat yang mengantri, tentu mereka sangat tertib dan mengikuti antrian dengan baik. Semoga bisa berjalan lancar hingga selesai,” tutupnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo