Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana menggelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi Kota Singkawang Tahun 2022 di Komplek MAN Model Singkawang, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Singkawang Irwan yang dimulai dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama oleh seluruh warga sekolah.

Turut hadir pula Kepala Dinas Kesehatan bersama jajaran UPT Puskesmas Singkawang Tengah II, Perwakilan Kakan Kemenag, Ketua PKK, Kepala Sekolah beserta seluruh jajaran guru dan siswa-siswi MAN Model Singkawang.

Wakil Wali Kota Irwan menyambut baik Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini. Ia menyampaikan, tujuan aksi bergizi di sekolah merupakan salah satu upaya pencegahan stunting.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyadarkan kepada kita semua untuk menjaga pola makan dan pola berfikir yang sehat, terutama remaja putri ini bahwa sarapan yang bergizi dan senam itu akan meningkatkan daya tahan tubuh.” ujarnya.

Irwan menjelaskan pemberian pengetahuan tentang pentingnya zat besi sebagai pencegahan terhadap kekurangan asupan gizi yang dapat berakibat terjadinya anemia terutama bagi remaja putri, yang berdampak pada terganggunya pola pikir dan penurunan prestasi belajar di sekolah.

“Ini bapak tekankan bahwa penyakit anemia itu sering terjadi pada usia-usia remaja seperti usia adik-adik sekarang ini. Yang mana anemia itu karena faktor kekurangan zat besi. Dan selain anemia, anak-anak yang kekurangan zat besi itulah yang juga menjadi faktor utama stunting.” Jelasnya.

Ia berpesan kepada para remaja siswa-siswi MAN Model Singkawang untuk senantiasa memprioritaskan kesehatan di usia muda dengan selalu menjaga pola makan, pola tidur, serta rutin berolahraga agar terhindar dari anemia dan kekurangan asupan gizi.

“Bapak pesankan kepada adik-adik generasi milenial semuanya, untuk selalu memprioritaskan kesehatan sejak usia muda. Mulai dari sekarang jangan tunggu besok lagi. Mulai dari yang kecil-kecil, menjaga pola makan, olahraga rutin, olah rohani juga agar pola pikir juga sehat serta jauhi makanan cepat saji. Ingat sehat itu mahal.” Tegasnya.

Ia berharap kegiatan aksi ini dapat menjadi komitmen bersama melalui Dinas Kesehatan dan KB sehingga dapat dilakukan di SMA/SMK lainnya di Kota Singkawang.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian tablet penambah darah kepada para remaja putri yang bertujuan untuk memenuhi gizi seimbang dan mencegah anemia terhadap remaja putri.

Diakhir sambutan, tidak lupa juga Irwan mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih MAN Model Singkawang sebagai juara III lomba drumband tingkat SMA di Kota Singkawang.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada MAN Model Singkawang yang kemarin berhasil meraih juara III dalam lomba Drumband se Kota Singkawang. Selamat atas prestasi yang telah didapat.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik