Singkawang, MC – Sekretaris Daerah Kota Singkawang meletakkan batu pertama pembangunan gedung baru SMP Torsina III Plus di Jalan Pastoran, Rabu (13/7/2022). Kegiatan ini turut dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Ketua Fraksi Partai Nasdem Kota Singkawang, para perwakilan perangkat daerah Kota Singkawang, Ketua Yayasan Torsina beserta rombongan dan undangan lainnya.

Sekda Singkawang Sumastro memberikan ucapan selamat kepada Yayasan Torsina atas peletakan batu pertama pembangunan gedung baru SMP Torsina III Plus Singkawang. Ia berharap pembangunan gedung baru yang dimulai dengan peletakan batu pertama ini berjalan dengan lancar.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik serta mengucapkan selamat kepada Yayasan Torsina untuk terus bersemangat mendorong kemajuan-kemajuan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Kota Singkawang. Semoga Yayasan Torsina semakin berkembang dan lebih maju lagi membangun dunia pendidikan di Kota Singkawang. Dengan ini, peletakan batu pertama pembangunan gedung baru ini kita iringi dengan doa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sumastro sependapat bahwa kehadiran dan peran serta pihak-pihak swasta sangat berdampak pada kemajuan pembangun dunia pendidikan yang semakin kompetitif. Hasilnya adalah dengan melahirkan SDM daerah yang berdaya saing mengikuti perkembangan zaman.

Saat ini, Kota Singkawang menduduki peringkat kedua dari 14 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat dengan status Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 71,94. Untuk itu, Sumastro berharap pembangunan gedung baru SMP Torsina III Plus dapat mendongkrak angka IPM Kota Singkawang.

Sementara itu, Pimpinan Yayasan Torsina, M. Sianipar menyambut baik kehadiran pemerintah pada prosesi peletakan batu pertama ini. Ia mengutarakan saat ini dana pembangunan yang dimiliki, yaitu dana penerimaan siswa baru (PSB). Untuk itu, Ia meminta dukungan Pemerintah Kota Singkawang dan DPRD Kota Singkawang untuk dapat membantu mendanai pembangunan ini.

“Adapun dana yang kami punya sebenarnya hanya lewat dana penerimaan siswa baru (PSB). Selanjutnya, kami memohon bantuan dana pembangunan dari Pemerintah Kota Singkawang dan DPRD Kota Singkawang. Kami berharap dana ini bisa cair sehingga bisa memenuhi tuntutan orang tua murid secara perlahan,” ujarnya.

Rencana awalnya, ungkap Sianipar, pembangunan gedung baru SMP Torsina III Plus Singkawang ini mulai dilakukan pada tahun 2020. Namun, niat ini terpaksa diurungkan lantaran wabah pandemi Covid-19 yang tengah melanda pada saat itu.

Sianipar menambahkan pihaknya berpartisipasi aktif mengirimkan para siswa untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan di tingkat Provinsi dan tingkat Nasional. Salah satunya, pada Olimpiade Sains Nasional 2021 lalu, perwakilan Sekolah Torsina meraih peringkat ketiga se-Indonesia.

“Hal ini menjadi bukti keseriusan Yayasan Torsina dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membentuk SDM yang berdaya saing,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik