Singkawang, MC – Expo Perguruan Tinggi ke-XX Tahun 2023 digelar di halaman SMA Santo Ignatius, Jumat (13/1/2023). Expo Pendidikan Tinggi ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari terhitung mulai tanggal 13-14 Januari 2023 dan terbuka untuk umum.

Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro membuka secara resmi kegiatan tersebut. Ia mengatakan masa depan Indonesia berada di tangan generasi muda yang memiliki tekad untuk bersungguh-sungguh dalam menempuh jenjang pendidikan hingga ke tahap yang lebih tinggi.

“Pagi ini betul-betul menjadi momen yang sangat spesial. Kita bisa hadir pada event Expo Perguruan Tinggi yang memberikan sebuah kesempatan penting bagi perjalanan proses pendidikan para siswa di Kota Singkawang,” ujar Sumastro.

“Kunci utama dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan adalah ketekunan dan kerja keras. Selain itu, kepintaran seseorang harus disertai juga dengan sikap yang bijak dan kepribadian yang baik. Dunia pendidikan terus mengalami perkembangan, maka dari itu kita patut mensyukuri dengan tekad bertekun dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” tambahnya.

Ia menambahkan pemerintah tengah mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045 melalui dunia pendidikan. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan kualitas manusia yang unggul dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi, pemerataan kesejahteraan rakyat, ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Santo Ignasius Singkawang Lusiana Lidwina mengatakan sebanyak 40 Perguruan Tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri yang berpartisipasi pada kegiatan ini. Setiap pengunjung akan mendapatkan informasi seputar perguruan tinggi secara langsung, seperti jurusan, biaya pendaftaran, prospek kerja, beasiswa dan berbagai informasi lainnya.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menjembatani siswa dan orang tua dengan pihak perguruan tinggi serta ikut mendorong siswa memiliki minat untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini terdapat beberapa kegiatan, antara lain Pameran Kegiatan Aflateen+. Aflateen+ merupakan Pendidikan Literasi Finansial dan Sosial yang bertujuan untuk membantu anak muda agar mampu berpikir secara kritis, belajar tentang hak dan tanggung jawab, mendapatkan pengetahuan finansial dan kecakapan hidup.

Lusiana menambahkan pihaknya menggelar Perayaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pencasila (P5) dengan menampilkan hasil proses aksi para siswa. Adapula bazaar kewirausahaan dengan menjual berbagai jenis makanan dan minuman hasil karya siswa termasuk hasil Ujian Praktek Keterampilan Mata Pelajaran Terintegrasi Kelas XII.