Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Evan Ernanda (kiri) menjadi narasumber pada Rakor Persiapan Coklit, Senin (26/5/2024). Foto : Eko SR/Kominfo

Singkawang, MC – Transformasi teknologi informasi dan digitalisasi di Kota Singkawang telah menjadi bagian penting serta terus didorong kemajuannya oleh Pemerintah Kota Singkawang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang Evan Ernanda saat menjadi Narasumber Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah pada Rapat Koordinasi Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Singkawang tahun 2024 di Ballroom Hotel Mahkota, Selasa (28/5/2024).

“Transformasi digital sejatinya telah kita terapkan, tentunya Pemerintah Kota Singkawang telah menyusun arsitektur digital, yang diiringi dengan infrastruktur, regulasi, aplikasi, ekosistem sampai pada pemenuhan SDM yang berkualitas,” tuturnya.

Evan mengatakan, Pemerintah Kota Singkawang saat juga telah menerapkan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE dalam penyelenggaraan dan tata kelola Pemerintahan.

Terkait dengan jaringan internet, Evan menyebut jangkauan jaringan dan koneksi internet telah mencakup ke seluruh daerah Kota Singkawang. Hal ini tentu diharapkan dapat menunjang tugas PPS maupun PPK dalam mengakses aplikasi yang digunakan dalam rangka mensukseskan Pemilu Kepala Daerah.

“Karena memang Singkawang juga tidak terlalu luas, dan bukan daerah yang terluar ataupun tertinggal. Secara keseluruhan tidak ada alasan tidak ada koneksi internet untuk Kota Singkawang. Jadi untuk penggunaan aplikasi pencocokan data, perekaman hasil dan lain lain bagi petugas PPS maupun PPK di Kota Singkawang sangat bisa diakses,” jelasnya.

Sebagai unit kerja yang menangani teknologi informasi, Evan Ernanda sangat membuka diri apabila ada masukan ataupun diskusi permasalahan terkait dengan percepatan digitalisasi di daerah Kota Singkawang.

Ia pun berharap, pada proses pemungutan suara pemilihan Kepala Daerah nanti dapat berjalan dengan lancar baik melalui sistem manual di lapangan maupun pada proses rekapitulasi di sistem aplikasi.

“Untuk Bapak/Ibu apabila ada masalah berkaitan dengan digitalisasi jangan sungkan untuk dikomunikasikan dengan kami. Karena ini juga menjadi bagian dari sinergi kami Pemerintah Kota Singkawang dengan KPU Kota Singkawang demi mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah,” tutupnya.

Bid. IKP/Kominfo