Singkawang, MC – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Singkawang melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis kedua di wilayah Kelurahan Mayasopa, Rabu (3/8/2022).

Kepala DPKPP, Dwi Yanti mengatakan dosis kedua vaksinasi PMK ini diberikan kepada 98 ekor sapi di wilayah Kelurahan Mayasopa Kecamatan Singkawang Timur.

Menurutnya, vaksinasi pertama telah diberikan pada tanggal 4 Juli 2022. “Berdasarkan aturan, rentang waktu antara vaksinasi pertama dan kedua adalah satu bulan. Sehingga vaksinasi dosis kedua diberikan pada 3 Agustus 2022,” kata Dwi Yanti.

Ia mengatakan untuk target 3000 dosis vaksin yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pertenakan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat masih menunggu ear tag yang dipasangkan di telinga masing masing hewan ternak. Sehingga, pihaknya masih menunggu kepastian dari provinsi.

“Untuk target 3000 dosis vaksin yang telah ditetapkan, kami masih menunggu kepastian dari provinsi,” ujarnya.

Diketahui, vaksinasi PMK dosis kedua akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kota Singkawang. Jadwal waktu untuk wilayah-wilayah lain akan diinformasikan lebih lanjut oleh DPKPP melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik